Pol PP di Sumbar Terlibat Tangkal Terorisme


Selasa, 15 Mei 2018 - 09:24:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pol PP di Sumbar Terlibat Tangkal Terorisme Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Atas aksi teror yang terjadi di Surabaya, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyatakan duka mendalam dan mengutuk para pelaku teror. Sebagai bentuk antisipasi agar hal yang sama tidak terjadi di Sumbar, Wagub menginstruksikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berperan aktif melakukan deteksi dini dan penindakan.

 “Tindakan kejam tersebut tak dibenarkan dalam ajaran agama mana pun. Makanya saya selalu suarakan, mendalami agama itu jangan setengah-setengah. Kalau sudah membunuh orang di dunia ini, jangan harap ada fil akhirati hasanah ada untuk pelaku itu,” kata Nasrul saat membuka Rapat Forum Komunikasi Satpol PP dan Damkar se-Sumbar, (14/5).

Ditambahkan Nasrul Abit, bernegara tak sama dengan berakidah dan beragama. Akidah dan agama mutlak tak bisa diubah dan merupakan hak masing-masing orang. Namun bernegara, membutuhkan toleransi karena negara adalah wadah yang menampung ragam warna, rupa, budaya, bahkan agama.

“Sementara untuk peningkatan kewaspadaan kita minta Satpol PP ikut terlibat. Meski pun buka  tugas pokok Satpol PP, tetapi terorisme berdampak pada rusaknya ketertiban umum. Jika menemukan orang-orang yang mencurigakan, ya, laporkan saja. Bila perlu, silakan Satpol PP menyusun dan mengusulkan payung hukum untuk memberi legitimasi atas tindakan-tindakan yang perlu dilakukan,” kata Nasrul lagi.

Wagub juga mengingatkan, Ramadan akan segera datang, ia meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap gelagat-gelagat mencurigakan yang tampak di lingkungan sekitar.

“Nanti akan banyak yang keluar rumah. Keamanan harus dipastikan. Sebab aksi teror akan merusak kekhusyukan umat beribadah, juga akan merusak suasana Ramadan. Jangan coba-coba merusak ketenangan Ramadan,” tutupnya.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengatakan, agar masyarakat harus tenang dan terus waspada memperhatikan gerak-gerik dari sekitar lingkungan.

"Apabila ada yang mencurigakan. Langsung saja lapor kepada polisi agar lebih aman dan pihak kepolisian bisa mengambil langkah," ungkapnya.

Karena itu, ia mengatakan, agar pihak kepolisian terus bersiaga agar memberikan kenyamanan untuk masyarakat.

"Apalagi sekarang masyarakat kita yang beragama islam akan melaksanakan ibadah puasa. Saya berharap masyarakat Sumbar bisa lebih nyaman dan fokus dalam beribadah di bulan suci ini," ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat juga harus percaya kepada kepolisian.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM