Edotel, Hotel Unik Berkonsep Pendidikan     


Selasa, 15 Mei 2018 - 09:33:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Edotel, Hotel Unik Berkonsep Pendidikan      EDOTEL—Ketua Edotel, Hartini, bersama jajarannya berfoto di depan hotel tersebut, Jalan Bundo Kanduang Nomor 18, Padang, Senin (14/5). Edotel merupakan hotel berkonsep pendidikan. PUSPITA INDAH CAHYANI

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Edotel Bundo Kanduang menerapkan konsep pendidikan pada pengelolaan hotelnya. Hotel yang dikelola oleh SMKN 9 Padang itu mengutamakan proses belajar daripada segi bisnis.

Ketua Edotel, Hartini, Senin (14/5), mengatakan, pihaknya membangun hotel itu atas dasar kebutuhan siswa SMKN 9 dalam hal praktik perhotelan. SMK N 9 memiliki Jurusan Perhotelan dan Tata Boga. Dengan adanya hotel itu, siswa bisa langsung mempraktikkan ilmu yang didapatkannya di sekolah.

Hartini menceritakan, Edotel berdiri sejak 2008. Hotel itu dikelola oleh siswa, guru, dan alumni SMKN 9. Meskipun mengusung konsep pendidikan, kata Hartini, Edotel ini dikelola dengan baik selayaknya hotel profesional. Untuk pengelolaan, Edotel bekerja sama dengan tenaga industri professional. Dengan demikian, siswa dan guru memperoleh ilmu dari tenaga industri.

Ia menjelaskan, Edotel menerapkan tiga konsep bagi siswanya. Pertama, lokakarya pelatihan standar (standard training workshop/STW). Melalui pelatihan itu, siswa yang belajar sudah memiliki standar, antara lain, cara menyambut tamu dan cara melayani tamu untuk mendapatakn kamar dan menginap di hotel tersebut. Kedua, advance training. Melalui pelatihan ini, sekolah bisa menjadi tempat belajar bagi masyarakat dengan guru-guru sebagai narasumbernya. Sebagai contoh, mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta pernah belajar seputar perhotelan di hotel ini. Setelah itu, mereka bekerja di Jepang pada bagian perhotelan. Ketiga, teaching factory. Pada konsep ini, sekolah sudah memiliki suasana industri yang sebenarnya.

Pada awal berdiri, kata Hartini, Edotel memiliki lima kamar. Seiring berjalannya waktu, hotel yang berada di Jalan Bundo Kanduang Nomor 18, Padang, itu terus berkembang. Kini, Edotel mempunyai 21 kamar. Tipe kamarnya, antara lain, Standar, Deluxe, dan Superior, yang semuanya dilengkapi dengan pengatur suhu udara (AC). Kamar tipe Standar berkapasitas 2 orang, sedangkan Deluxe dan Superior bisa diisi 3—4 orang. Harga sewa kamarnya beragam, berkisar Rp300.000 sampai dengan Rp800.000 semalam.

Hartini menambahkan, Edotel menyediakan dua ruangan pertemuan berkapasitas masing-masing 60 orang dan 120 orang. Fasilitas lainnya adalah restoran yang bisa menampung 80 orang, dan musala. (h/mg-pic)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM