Kapolres Padang Panjang Resmi “Bagala” Sutan Bagindo Rajo


Selasa, 15 Mei 2018 - 21:30:54 WIB
Kapolres Padang Panjang Resmi “Bagala” Sutan Bagindo Rajo  Kapolres Padang Panjang, AKBP. Cepi Noval, Sutan Bagindo Rajo beserta Ketua KAN Lareh Nan Panjang M. Aulia Datuak Sararajo dan rombongan saat menaiki Balai Adat  Lareh Nan Panjang. APIZ

 Menurut M Aulia Dt Sararajo, Ketua KAN Lareh Nan Panjang, Kapolres AKBP Cepi Noval, diberikan gelar adat itu, dengan pertimbangan, selama menjabat di Padang Panjang, Cepi Noval menunjukan sikap teladan sebagai anak kemenakan Kenagarian Lareh Nan Panjang.

 Sikap teladan yang dimaksudkan itu, adalah sejak menjadi Kapolres 16 bulan yang lalu, Cepi Noval banyak menjalankan program pembinaan kemasyarakatan, dalam fungsi tugas Kepolisian disebutkan pembinaan Kamtibmas.

Baca Juga : Ini Cara Sembunyikan Status WhatsApp agar Tidak Bisa Dilihat Orang yang Tidak Diinginkan

 Alhamdulillah, dengan pendekatan program ini, tingkat gangguan Kamtibmas di Kota Padang Panjang mengalami penurunan drastis. Secara internalpun, Cepi Noval giat menerapkan perilaku muslim kepada Stafnya, salah satunya degan melaksanakan Sholat Fardhu berjemaah.

 “Sebagai pribadi Cepi Noval sangat ramah kepada masyarakat, dan pandai bergaul dengan semua tingkatan usia,” jelas Angku Ya.

Baca Juga : GoPlay Fokus Kembangkan Live Stream Platform Tahun Ini

 Atas dasar itulah, unsur ninik mamak di KAN Lareh Nan Panjang memberikan penghargaan gala adat kepada Cepi Noval. Pemberian penghargaan ini akan  menjadi input juga bagi Kapolres selanjutnya, tentang bagaimana menjalankan tugas dan kemasyarakatan di kota Padang Panjang yang berjulukan kota Serambi Mekah.

 Secara khusus M Aulia Dt Sararajo menegaskan, bahwa pemberian gelar adat kepada Cepi Noval tidak ada kaitan dengan pelaksanaan Pilwako Padang Panjang, atau kepentingan politik praktis lainnya.

Baca Juga : Begini Cara Mudah Agar WhatsApp Anda Tidak Bisa Dibajak

 “Pemberian gelar adat kepada Cepi Noval murni atas dedikasi dan loyalitas beliau kepada masyarakat, khususnya anak nagari Lareh Nan Panjang, sebab kantor Mapolres berada dalam wilayah kenagarian kami,” ujar Angku Ya.

 Penegasan ini perlu disampaikan Angku Ya, sebab ada pihak pihak tertentu yang mengkaitkan pemberian gelar adat bagi suami Meyris Cepi Noval ini, dengan kepentingan Pilwako dan kepentingan politik praktis tertentu di Padang Panjang.

Baca Juga : Hati-hati Akun Anda Dicuri, Waspadai Pesan Teks WhatsApp Berikut Ini

Kepanitiaan yang dibentuk Nagari melibatkan perwakilan 5 Kelurahan yang berada dalam Kanagarian Lareh Nan Panjang dimana masing Kelurahan tersebut Kelurahan Koto Panjang, Kelurahan Koto Katiak, Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kelurahan Balai-balai dan Kelurahan Guguk Malintang di Kecamatan Padang Panjang Timur.

 “Kegiatan Pemberian Gala Sako ini kali pertama di Padang Panjang diberikan kepada Unsur Kepolisian yakni Kapolres Padang Panjang, hal tersebut diyakini bahwa kriteria yang ada dalam proses seleksi oleh kaum adat Nagari Lareh Nan Panjang terdapat pada Cepi Noval, sehingga dari ragam proses dan rapat adat di kanagarian para ninik mamak kaum suku memutuskan diberilah gala cadiak pandai nagari kepada Cepi Noval,” tutur Ketua Panitia Alek Nagari Karmal Putra.(h/pis)

 


 

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]