Tarekat Naqsabandiyah di Padang Sudah Mulai Puasa


Selasa, 15 Mei 2018 - 22:05:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tarekat Naqsabandiyah di Padang Sudah Mulai Puasa Jemaah Tarekat Naqsabandiyah mengikuti salat tarawih di Musala Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Selasa (15/5). Yuhendra

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang sudah melaksanakan ibadah puasa sejak, Senin (14/5). Tarekat yang memiliki ribuan jemaah ini menetapkan 1 ramadan berdasarkan perhitungan hisab Munjid.

"Minggu malam kami sudah melaksanakan ibadah tarawih dan puasa sejak Senin kemarin,” kata pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat, Mursyid Syafri Malin Mudo, di Musola Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Selasa (15/5).

Dikatakan Syafri Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat memilih menggunakan metode hisab munjid untuk menentukan datangnya bulan suci ramadan. Artinya, mereka tidak menggunakan metode rukyat seperti yang dilakukan oleh pemerintah dalam menentukan di mulainya bulan puasa.

“Metode hisab yang digunakan disebut dengan hisab Munjid, itu berdasarkan kitab Munjid yang sudah percayai tarekat ini sejak turun-temurun, dan masih bertahan hingga saat ini,” katanya.

Dijelaskannya, tarekat naqsabandiyah berpegang terhadap kutipan dalil yang mengatkan "berpuasalah kamu sebagaimana puasa yang terdahulu".

“Jadi kami berpuasa tahun lalu hari Kamis. Jadi dihitung 5 hari sejak Kamis, jatuhnya Senin,” ucapnya.

Terkait adanya perbedaan pelaksanaan puasa Ramadan dengan pemerintah dan organisasi Islam lainnya, Syafri menghormatinya sebagai kekayaan pemikiran dan tetap mengajak untuk melaksanakan puasa dengan khusyuk dan sungguh-sungguh. (h/mg-hen).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM