Jelang Ramadan, Bus di Padang Diserbu Penumpang


Rabu, 16 Mei 2018 - 14:31:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jelang Ramadan, Bus di Padang Diserbu Penumpang Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Jelang Ramadan, penumpang pada beberapa angkutan umum antarkota, kabupaten, dan provinsi meningkat. Hal itu terjadi karena orang-orang ingin berkumpul dengan keluarga di kampung halaman pada puasa pertama.

Hari (32), Penjual karcis bus Naikilah Perusahaan Minang (NPM) Padang, di Padang, Selasa (15/5), menuturkan bahwa jumlah penumpang bus itu melonjak menjelang Ramadan. Ia menceritakan, biasanya, bus NPM yang berangkat ke Jakarta hanya 4 unit per hari. Namun, menjelang Bulan Puasa tahun ini, bus NPM yang berangkat ke Jakarta 8 unit per hari dengan 41 orang penumpang pada satu bus. Ia menarik ongkos dari Padang—Jakarta Rp400.000 per penumpang.

Pendri (48), sopir Minibus Ayah, mengatakan, menjelang Bulan Puasa, jumlah penumpang lumayan meningkat sehingga ia tidak terlalu lama menunggu penumpang. Dari Padang ke Payakumbuh, ia menarik ongkos sebesar Rp25.000 per penumpang.

Adapun Anton (43), sopir Minibus Sinamar, juga mengungkapkan hal yang sama. Ia mengutarakan, banyak penumpang yang menaiki busnya pada 16.00—17.00 WIB. Menurutnya, banyak orang pulang kampung pada sore karena mereka berkativitas pada pagi hingga siang atau sore.

“Penumpang sama banyak dari Padang ke Jakarta dan sebaliknya. Penumpang tersebut kebanyakan orang Jawa, yang 60 persenn berangkat dari Sumbar,” katanya.

Intan (20), mahasiswa UNP asal Payakumbuh penumpang Minibus Sinamar, menjelang Ramadan, banyak mahasiswa yang pulang kampung karena banyak libur. Menurutnya, lebih baik menikmati puasa pertama dengan berkumpul bersama keluarga di kampung dan sambil silaturahmi.

Hal senada juga menjadi alasan Suci (21) mahasiswa asal Bukittinggi penumpang Minibus Ayah, untuk pulang kampung ke Bukittinggi dari Padang.

“Saya pulang kampung karena ingin meminta meaaf kepada orang tuanya dan anggota keluarga lainnya di kampung dan ingin puasa pertama di kampung,” tuturnya. (h/mg-pmi)  



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 September 2018 - 14:11:10 WIB

    Pemko Padang Kejar Target KTP-el Jelang Pemilu

    Pemko Padang Kejar Target KTP-el Jelang Pemilu PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemko Padang masih membutuhkan anggaran sebanyak Rp1,5 miliar untuk menyelesaikan tunggakan KTP Elektronik (el) bagi warga Kota Padang. Upaya percepatan perekaman dan pencetakan terus dikejar jelang.
  • Jumat, 20 April 2018 - 11:59:23 WIB

    Jelang Ramadan, Tingkatkan Razia Penyakit Masyarakat

    Jelang Ramadan, Tingkatkan Razia Penyakit Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM----Jelang bulan suci Ramadan, Satpol PP Kota Padang  agar menggelar operasi Penyakit masyarakat (Pekat) di sejumlah tempat hiburan malam di Kota Padang..
  • Rabu, 27 Desember 2017 - 19:11:44 WIB

    Jelang Tahun Baru, Kondom Laku Keras, DPRD Padang: Tingkatkan Razia

    Jelang Tahun Baru, Kondom Laku Keras, DPRD Padang: Tingkatkan Razia PADANG, HARIANHALUAN.COM------Lima  hari jelang pergantian tahun baru, alat kontra sepsi atau  kondom laku keras  diberbagai apotek dan toko obat.Ironisnya, kondom itu ramai dibeli kalangan usia produktif atau remaja..
  • Jumat, 21 April 2017 - 11:22:05 WIB

    Jelang Jumatan, Padang Digoyang Gempa yang Cukup Kuat

    Jelang Jumatan, Padang Digoyang Gempa yang Cukup Kuat PADANG, HARIANHALUAN.COM—Gempa bumi kembali mengguncang Sumatera Barat, kali ini dirasakan oleh warga Padang, pukul 11.00 WIB Jumat (21/4). Fenomena alam itu sempat membuat warga berlarian keluar dari rumah mencari tempat y.
  • Sabtu, 02 Juli 2016 - 03:06:05 WIB

    Jelang Lebaran, Kantor Pos Ramai

    Jelang Lebaran, Kantor Pos Ramai PADANG, HALUAN — Awal bulan ini, dana pensiun para pegawai dibagikan di beberapa tempat seperti di bank dan kantor pos..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM