Selama Operasi Patuh, Polresta Padang Keluarkan 2.750 Surat Tilang


Rabu, 16 Mei 2018 - 14:34:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Selama Operasi Patuh, Polresta Padang Keluarkan 2.750 Surat Tilang Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Operasi Patuh Singgalang 2018 yang digelar sejak 26 April hingga 9 Mei dengan sasaran 7 prioritas pelanggaran lalu lintas telah berakhir.

Selama operasi tersebut, Satlantas Polresta Padang memberikan sebanyak 2.750 lembar tilang kepada pelanggar lalu lintas.

Kasatlantas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya mengatakan jumlah tilang yang diterbitkan sebanyak 2.750 lembar.

"Seperti tilang SIM sebanyak 1.409, tilang STNK ada 1.195 lembar dan tilang kendaraan bermotor sebanyak 146 lembar. Pelanggar lalu lintas masih didominasi oleh kendaraan roda dua,” kata Kompol Asril Prasetya, Selasa (15/5).

Kompol Asril katakan, kebanyakan kawasan yang palin sering melanggar lalu lintas terjadi di kawasan pinggir Kota Padang dan di Pantai Padang. Sebab itu saat operasi itu lokasi daerah pinggiran Kota Padang dijdikan prioritas lokasi razia. Sedangkan di pusat kota pelanggaran sangat kecil.

Kompol Asril menjelaskan selama operasi ini, pelanggaran yang ditemukan berupa pelanggaran melawan arus, sepeda motor bonceng lebih satu, pengemudi dibawah umur, berkendaraan melebihi batas kecepatan, pengemudi yang menggunakan narkoba, penggunaan henpon saat berkendara, tidak menggunakan helem SNI.

Pelanggaran yang terbanyak adalah pengendara tanpa helm tanpa standar yang layak 50 persen. Kalau pelanggaran tidak memakai helm persentasenya sangat kecil hanya 2 persen," ujar Kompol Asril.

Kompol Asril menuturkan saat operasi tersebut juga pernah dilakukan sidang di tempat. Sidang di tempat dilakukan untuk memudahkan para pelanggat lalulintas dan tidak perlu ke pengadilan. Namun, sepanjang operasi ini digelar, hanya dilakukan 1 kali sidang ditempat.

"Sidang di tempat juga ada hakimnya, dua jaksa dan panitera. Saat itu ada 50 pelanggaran yang mana sebanyak 45 pelanggar di sidang ditempat. Uang denda di setor untuk kas negara.

Dengan adanya operasi ini, diharapkan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas lebih meningkat lagi, sehingga angka kecelakaan dapat terus ditekan," ungkap Kasat Lantas itu. (h/mg-rei).

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM