Tenang, Sumbar Aman


Kamis, 17 Mei 2018 - 11:48:12 WIB
Tenang, Sumbar Aman SALAT TARAWIH PERTAMA--Ribuan jamaah mengikuti salat tarawih di Masjid Raya Sumatera Barat, Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Rabu (16/5). Pemerintah memutuskan 1 Ramadan 1439 jatuh pada tanggal 16 Mei (hari ini, red). Keputusan ini berdasarkan sidang isbat di kantor Kementerian Agama (Kemenag). Irham

Sumbar diyakini sampai sekarang dalam kondisi kondusif. Masyarakat tak perlu panik berlebihan dan tetap mempercayakan keselamatannya kepada pihak kepolisian dan TNI.

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Aksi teror di Mapolda Riau yang menewaskan seorang petugas kepolisian berdampak pada status keamanan Sumbar. Sebagai daerah tetangga, mau tak mau, Polda Sumbar mesti tetap siaga menghadapi segala macam ancaman. Meski demikian, sampai sekarang Sumbar dinilai masih aman.

Baca Juga : Sumbar Alami Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi hingga IPM

Jauh-jauh hari, Kapolda Sumbar, Irjen Fakhrizal sudah mengintruksikan jajarannya untuk selalu waspada terhadap segala ancaman. Pengawasan kian diperketat, patrol ditingkatkan. Tak hanya di tengah masyarakat, tapi juga di markas-markas kepolisian dan rumah ibadah.  Khusus di Mapolda Sumbar, siapa saja yang masuk, sekarang diperiksa dengan detail.

Pantauan Haluan, petugas melakukan pengamanan ekstra ketat dengan cara memeriksa setiap pengunjung yang datang. Hal tersebut jauh berbeda dengan kondisi sebelumnya. Pada pos penjagaan juga terlihat sejumlah petugas berpakaian lengkap dan senja laras panjang  dan anjing pelacak (K9) yang disiagakan.

Baca Juga : Kunjungi Pondok Tahfiz Quran, Sabar AS Ajak Santri Tingkatkan Hafalan Quran

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sumbar, Kombes Pol Djihartono mengatakan, pihaknya melalui perintah Kapolri dan Kapolda melakukan perubahan formulasi pengamanan. "Memang referensi kami tidak hanya terkait teror di Pekanbaru tapi juga yang di Surabaya, secara faktanya kami termasuk masyarakat menjadi korban. Oleh sebab itu pengawasan diperketat, agar kejadian serupa tidak terulang, dan korban tak lagi berjatuhan," kata Kombes Pol Djihartono di Mapolda Sumbar, Rabu (16/5).

Dikatakannya, pengamanan itu tidak hanya di markas, tapi juga personil dan lebih khusus lagi petugas penjagaan. Daerah-daerah perbatasan di Sumbar juga ditingkatkan. Polda tak ingin kecolongan. "Pengamanan di perbatasan juga ditingkatkan. Kami tengah merumuskan pola pengamanan, secara teknis tidak dapat kami jelaskan namun yang jelas tujuannya untuk membuat Sumbar aman," katanya.

Baca Juga : Abrasi Mengancam Pantai Padang, BPBD Sumbar Ajak Masyarakat Tanam Mangrove

Selanjutnya, ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mempercayakan sepenuhnya kepada kepolisian yang bekerjasama dengan TNI. "Masyarakat kami imbau untuk tetap tenang dengan situasi yang berkembang. Kami pastikan, konsentrasi kami tidak terganggu, apalagi memasuki Ramadan ini. Begitu juga untuk pengamanan objek vital dan tempat ibadah, tetap menjadi fokus," imbau Kombes Pol Djihartono

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi menjelaskan, terkait pengamanan di Mapolda Sumbar sebenarnya sesuai dengan SOP. Bagi setiap tamu akan dilakukan pemeriksaan baik kendaraan maupun barang bawaan. "Jika pengunjung yang datang dinyatakan aman, maka boleh masuk," kata Syamsi.

Baca Juga : 20 Kasus Kekerasan Perempuan Terjadi hingga Februari 2021 di Sumbar

Ditegaskan Syamsi, Sumbar sampai sekarang masih aman. Belum ada penetapan siaga satu.  "Situasi belum siaga satu, namun sistem yang lebih ditingkatkan lagi, termasuk halnya pengamanan di tempat ibadah. Pengawasannya diperketat saja," ucapnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik dengan kondisi yang ada saat ini. "Masyarakat jangan takut dan khawatir. Terpenting jaga persatuan dan keutuhan lingkungan, jangan lagi terpecah oleh hal-hal kecil. Dengan begitu saja sudah sangat membantu aparat keamanan dalam menciptakan rasa aman," ucapnya.

Daerah Perbatasan

Pintu-pintu masuk Sumbar lewat darat dijaga dengan ketat oleh personil kepolisian di wilayah hukum masing-masing. Seperti di Pessel, setidaknya 150 personel ditempatkan di sejumlah obyek vital, daerah perbatasan dan pusat keramaian.

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]