Ramadan di Negeri Orang, 19 Jam Menahan Dahaga di Belanda


Kamis, 17 Mei 2018 - 11:54:14 WIB
Ramadan di Negeri Orang, 19 Jam Menahan Dahaga di Belanda Ajo Suryadi

Oleh:  Holy Adib

Di Indonesia, tiap tahun, orang berpuasa rata-rata hanya 13 jam sehari. Dalam rentang waktu itu, kadang-kadang godaan lapar dan dahaga membuat beberapa orang berbuka puasa sebelum waktunya. Sementara itu, muslim di Belanda, pada musim panas, berpuasa selama kurang lebih 19 jam. Bisakah kita yang biasa berpuasa di Indonesia bertahan tidak makan dan minum 19 jam? Dr. Suryadi, orang Indonesia di Leiden, telah mencobanya. Haluan mewawancarainya melalui pesan WhatsApp, Rabu (16/5).  

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

Suryadi sudah menetap di Leiden sejak 1998. Ia merupakan dosen dan peneliti studi Asia Tenggara di Universitas Leiden. Ia sudah mengalami puasa di sana pada semua musim, yakni musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Bulan Puasa tahun ini di Belanda berlangsung pada akhir musim semi—pertengahan musim panas. Pada musim itu, siang lebih panjang daripada malam.

“Pada rentang musim itu, kalau ikut aturan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari, muslim di Belanda berpuasa bisa 17—18 jam sehari. Makin mendekati musim panas, puasa makin lama, bisa 19—20 jam,” ujar pria asal Padang Pariaman itu.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

Beberapa hari yang lalu, Ajo Suryadi memperoleh informasi bahwa 1 Ramadan pada tahun ini di Belanda jatuh pada 17 Mei, sama dengan awal puasa di Indonesia. Ia mengetahui informasi tersebut dari imsakiah yang disusun oleh komunitas muslim di Leiden. Ia mendapatkan imsakiah itu dari toko Maroko milik muslim.

“Awal Ramadan kali ini jatuh pada 17 Mei. Penetapan awal puasa di sini tidak ditentukan oleh pemerintah seperti di Indonesia karena pemerintah di sini tidak mengurus agama,” ucapnya.

Baca Juga : Irwandi Dt. Batujuah Letakkan Standar Baru Etika Politik di Bukittinggi

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]