Tarawih Hari Pertama, Ribuan Jamaah Padati Masjid Raya


Kamis, 17 Mei 2018 - 12:09:11 WIB
Tarawih Hari Pertama, Ribuan Jamaah Padati Masjid Raya SALAT TARAWIH PERTAMA--Ribuan jamaah mengikuti salat tarawih di Masjid Raya Sumatera Barat, Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Rabu (16/5). Pemerintah memutuskan 1 Ramadan 1439 jatuh pada tanggal 16 Mei (hari ini, red). Keputusan ini berdasarkan sidang isbat di kantor Kementerian Agama (Kemenag). Tio

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ribuan jamaah memadati Masjid Raya Sumbar di hari pertama pelaksanaan salat tarawih, Rabu (16/5). Jamaah tampak berduyun-duyun ke Masjid Raya. Parkiran penuh, masjid juga demikian.  Petugas Pol PP turut mengamankan pelaksanaan prosesih ibadah tersebut.

Untuk malam pertama, salat tarawih dilaksanakan sebanyak 8 rakaat. Meski cuaca mendung, namun masjid tetap ramai dipenuhi jamaah. Sekitar 19 baris jamaah laki-laki dan 11 baris jamaah perempuan. Secara kapasitas, Masjid raya Sumbar mampu menampung sekitar 5.000 jamaah di lantai satu, sedangkan lantai dua belum digunakan sepenuhnya.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno turut melaksanakan salat tarawih bersama jamaah lainnya. Dalam kata sambutannya, gubernur mengimbau masyarakat untuk meningkatkan ibadah dan memperbanyak amal di bulan Ramadan. Disamping itu, ia juga meminta masyarakat untuk lebih waspada terhadap teror bom yang tengah melanda  Indonesia.

 “Kepada masyarakat, saya mengimbau untuk lebih waspada terhadap teror bom yang tengah melanda saat ini. Jika melihat orang yang gerak-geriknya mencurigakan, harap segera diberitahukan kepada petugas. Kebersamaan kita yang menjadikan Sumatera Barat kondusif,” tutur Irwan Prayitno dalam sambutannya (16/5) di depan jamaah tarawih Masjid Raya Sumbar.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

Ali Asmar selaku Sekretaris Daerah Sumatera Barat dan juga bertindak sebagai pengurus Masjid Raya membuka agenda malam itu dengan beberapa penjelasan mengenai pencapaian pembangunan tahun ini.  “Untuk tahun ini kita telah menyelesaikan pembangunan tower melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada beberapa pihak yang turut membantu seperti BNI yang menyumbankan 102 kursi dan Bank Mandiri yang turut menyumbangkan 145 kursi untuk masjid yang nantinya akan digunakan di lantai dasar. Masjid Raya itu sendiri sekarang masih dalam tahap pembangunan tanpa target waktu tertentu.

Baca Juga : Irwandi Dt. Batujuah Letakkan Standar Baru Etika Politik di Bukittinggi

Selain itu, ucapan terimakasih juga ia sampaikan kepada PT Telkomsel yang telah menyumbangkan 2 ton kurma untuk buka puasa para jamaah nantinya.

Muchlus Bahar yang bertindak sebagai penceramah malam itu memaparkan beberapa materi tentang hal-hal baik yang mesti dilakukan umat muslim di Ramadan. Diantaranya shalat witir, membaca Alquran, sedekah, istiqfar dan perbanyak doa. (h/mg-tio)

Baca Juga : Tak Menyerah pada Pandemi Covid-19, Penghasilan Jutaan Rupiah Diraup Penjual Tanaman

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]