Serambi Minang Gratiskan Biaya untuk Anak Yatim


Jumat, 18 Mei 2018 - 11:27:14 WIB
Serambi Minang Gratiskan Biaya untuk Anak Yatim Rumah Tahfidz Serambi Minang (SM) merupakan tempat menghafal Quran di Kota Padang yang dilandasi dengan tujuan non-profit. IST

Laporan: Yesi Deswita

Rumah Tahfidz Serambi Minang (SM) merupakan tempat menghafal Quran di Kota Padang yang dilandasi dengan tujuan non-profit. Pasalnya, SM hanya mematok biaya sebesar Rp90.000/bulan untuk 12 kali pertemuan. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan Rumah Tahfidz di Kota Padang yang menetapkan biaya kisaran Rp100 ribu hinga Rp350 ribu rupiah per bulan.

Baca Juga : Bali Diguyur Hujan Es, BMKG: Dampak Awan Hitam

Khusus anak-anak yang kurang mampu juga diberi kesempatan untuk menjadi hafidz quran dengan potongan biaya bulanan Rp30.000 oleh Serambi Minang. Rumah Tahfidz yang menggaet ust Dzulkarim, Lc sebagai pembimbing dan penasehat ini, bahkan mengratiskan anak yatim yang tidak memiliki biaya, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Saat ini Serambi Minang telah memiliki lebuh dari 70 santri mulai dari usia 4 tahun sampai pria berusia diatas 30 tahun. Di SM ini, metode setoran hafalan yang digunakan berupa metode talqin (guru membacakan hafalan kepada santri).

Baca Juga : Putri Presiden Jokowi Dilantik Menjadi Ketua PKK dan Dekranasda

Santri boleh memilih sendiri jadwal menghafal selama 12 kali pertemuan tersebut dari dua shift yang telah disediakan. Shift satu pukul 16.30- 18.00 WIB  dan shift dua pukul 19.00-20.30 WIB.

Selama Ramadan ini, Serambi Minang juga mengadakan Program Intensif menghafal Quran khusus ikhwan (laki-laki) hanya dengan biaya Rp750 ribu selama dua puluh hari.

Baca Juga : Puluhan Wartawan Terkapar Usai Divaksin, Menkes: Kabar Bohong!

Program menghafal tersebut dimulai pertanggal 21 Mei 2018 yang memaksimalkan waktu menghafal pukul 08.00-17.00 WIB dengan fasilitas dua kali makan dan gratis laudry bagi santri.

Penanggung jawab Rumah Tahfidz Serambi Minang, Tia Aklima menuturkan, Serambi Minang merupakan yayasan keluarga yang tercetus dari ide kakak iparnya, Faguza Abdullah yang juga didukung penuh oleh sang kakak Elsa Maharani.

Baca Juga : Tampar Supir Truk, Ketua DPRD Pasaman Barat Dipolisikan

Rumah Tahfidz yang berada di Jl. Durian Tarung ini memiliki landasan Membumikan Alquran dengan target melahirkan hafidz dari kalangan dengan usia berapapun, manapun, asalkan memiliki semangat untuk menghafal quran.

“Visi kita membangun Serambi Minang ini untuk membumikan Alquran bagi siapapun yang berminat menghafal Alquran. Harapannya, kehadiran kita dapat bermanfaat dan dirasakan seluruh kalangan, baik dari kalangan menengah ke atas hingga yang kurang mampu, terutamanya masyarakat di sekitar sini,” tutur Tia.

Tia juga menambahkan, untuk sekarang biaya satu-satunya kendala Serambi Minang adalah dana operasional.

“Mayoritas masyarakat disini perekonomiannya menengah ke bawah. Kalau kita mahal-mahal, nanti tidak ada masyarakat disini yang mau menghafal Alquran lagi. Jadi untuk menutup biaya operasional dan khafalah (upah) guru yang sekarang berjumlah 7 orang, kadang ditutupi dari kantong sendiri, ujar Tia kepada Haluan, Kamis (17/5).

Tia berharap agar ke depannya Rumah Tahfidz Serambi Minang bisa lebih berkembang lagi dan bisa menghasilkan penghafal Alquran yang handal di Kota Padang, dan Sumbar khususnya. (*)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]