Kereta BIM Diresmikan Jokowi, Irwan Prayitno: Saya Ucapkan Terima Kasih


Senin, 21 Mei 2018 - 19:11:12 WIB
Kereta BIM Diresmikan Jokowi, Irwan Prayitno: Saya Ucapkan Terima Kasih Presiden RI Joko Widodo saat disambut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Senin (21/5). Laily Rachev (Biro Pers Setpres)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, Senin, (21/5). Kereta ini merupakan kereta bandara ketiga di Indonesia setelah KA Bandara Kualanamu dan KA Bandara Soekarno-Hatta.

"Kereta bandara seperti ini baru ada di Medan, kemudian di Jakarta, kemudian yang sekarang ada di Sumatra Barat di Padang," katanya saat memberikan kata sambutan peresmian KA Minangkabau Ekspress, Senin (21/5).

Baca Juga : Dihadiri Forkopimda, Lapangan Tembak Sarja Arya Racana Dharmasraya Diresmikan

KA bandara yang baru diresmikan ini sudah beroperasi perdana pada 1 Mei 2018. Dengan adanya kereta bandara ini, Presiden berharap, penggunaan mobil pribadi bisa dikurangi sehingga bisa mengurangi kemacetan, seperti halnya di Jakarta.

"Kenapa kereta dibangun di Jakarta Kota ke Bandara? Karena kita ingin mengurangi mobil pribadi. Kita ingin orang naik transportasi massal, busway, kereta, sebentar lagi ada MRT dan LRT. Tanpa itu pasti di seluruh dunia pasti akan macet. Di Sumatra Barat khususnya di Kota Padang, kita ingin hal yang sama," paparnya.

Baca Juga : Truk Dievakuasi, Arus Lalin Simpang Empat-Padang Kembali Normal

Lebih lanjut, Presiden mengatakan, harga tiket kereta bandara di Padang ini juga sangat terjangkau. Perbedaannya dengan kereta bandara di Jakarta adalah kereta bandara di Padang dibiayai dari APBN, bukan swasta.

"Tiketnya sangat murah sekali. Kalau di Jakarta dikerjakan swasta kalau di sini dikerjakan APBN. Tadi saya ngecek langsung tiketnya. Di sini tiket tercantum Rp10 ribu. Artinya apa? Ya sangat murah sekali. Kalau Bapak, Ibu naik mobil ke airport, mungkin 1 jam. Hitung saja bensin berapa," ucapnya.

Baca Juga : Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Bayang Sesuai dengan Visi Misi Bupati

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan bahwa Bandara Internasional Minangkabau ini sedang dalam proses perluasan. Dari sebelumnya 2,7 juta penumpang per tahun menjadi 5,7 juta penumpang di akhir 2019.

"Saya tanyakan Direktur Utama Angkasa Pura, kapan selesai Pak Dirut? Jawabannya insyaallah Pak 2019. Insyaallah 2019 akan selesai sehingga airport Bandara Internasional Minangkabau ini menjadi airport besar dengan kapasitas 5,7 juta penumpang," katanya.

Baca Juga : Pulihkan Fungsi Hutan, UPT BPDASHL Agam Kuantan Berikan Bibit Tanaman

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]