Di Pasaman, Harga Ayam dan Ikan Air Tawar Naik


Selasa, 22 Mei 2018 - 11:19:03 WIB
Di Pasaman, Harga Ayam dan Ikan Air Tawar Naik AYAM POTONG—- Pedagang ayam potong sedang menyusun dagangannya di Pasar alai, Kota Padang, Rabu (16/5). Sehari menjelang memasuki bulan puasa harga ayam potong masih stabil dari Rp. 40 ribu hingga Rp. 48 ribu. IRHAM

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Menjelang Ramadan, harga daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional di Pasaman mulai naik. Saat ini, setelah beberapa hari Bulan Puasa berlangsung, harga ayam makin naik.

"Menjelang Ramadan, harga ayam Rp23.000 per kg. Saat ini, harganya naik menjadi Rp28.000 per kg. Harganya naik sekitar 17 persen," ujar Mak Naih, pedagang ayam di Pasar Induk Tapus, Padang Gelugur, Senin (21/5).

Baca Juga : Diskon PPnBM Menggiurkan, Apakah Ini saatnya Beli Mobil?

Ia memperkirakan harga ayam akan naik sampai dengan Rp35.000 atau naik sekitar 30 persen hingga Idulfitri.

Harga ayam naik di Pasaman, kata Mak Naih, karena kerena tingginya permintaan, sementara pasokan terbatas.

Baca Juga : Bank Nagari Luncurkan QRIS Puskesmas dan Serahkan CSR Berupa Dua Unit Mobil untuk Pelayanan Kesehatan  di Padang

"Sehari, saya menjual ayam bisa mencapai 100—150 kg,” ucapnya.

Selain daging ayam, harga ikan nila dan ikan mas di Pasaman juga naik. Pedagang ikan air tawar di Pasar Tapus, Busri (47), mengatakan, harga ikan naik sejak beberapa hari yang lalu.

Baca Juga : Asal Diperlakukan Manusiawi, Pedagang Dukung Pembangunan Pasar Induk

"Harga ikan nila sebelumnya Rp15.000 per kg. Kini, harganya Rp25.000 per kg. Sementara itu, harga ikan mas dari Rp25.000 menjadi Rp28.000 per kg," tuturnya.

Kepala Bidang Perdagangan, pada Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja Pemkab Pasaman, Ishak, membenarkan kenaikan harga ikan nilai tersebut.

Baca Juga : Rupiah Ditutup Menguat Lawan Dolar AS Rabu Sore

Namun, kenaikan harga jual ikan air tawar di pasaran berbanding terbalik dengan harga ikan pada tingkat petani yang justru menurun drastis. Banyak petani kolam, khususnya di wilayah Rao, Rao Selatan, dan Padang Gelugur, yang mengeluhkan turunnya harga ikan air tawar saat ini. Hacepto, petani ikan, mengatakan, biasanya, harga ikan nila sebesar Rp20.000 per kg, tetapi saat ini Rp18.000 per kg. (h/yud)

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]