Sidak BBPOM, Takjil di Pasar Pabukoan Pessel Aman dari Zat Berbahaya


Selasa, 22 Mei 2018 - 19:50:13 WIB
Sidak BBPOM, Takjil di Pasar Pabukoan Pessel Aman dari Zat Berbahaya Bupati Hendrajoni bersama tim terpadu dan BPOM Padang saat melakukan operasi pasar di Kecamatan Koto XI Tarusan. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HALUAN - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel pasar pabukoan (Takjil), bersama tim terpadu Pemkab Pessel di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Selasa (22/5).

BBPOM Padang melalui Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan (Pemdik) Antoni Asdi mengatakan, saat ini takjil yang dijual pedagang di pasar pabukoan yang ada di Pessel, masih terbilang aman dari zat berbahaya.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

"Kami telah memeriksa takjil yang dijual pada dua pasar pabukoan, yakni Pasar Tarusan dan Painan, semuanya aman dan tidak ditemukan bahan atau zat berbahaya. Jadi, silahkan masyarakat beli pabukoan disini, secara relatif aman semua," sebutnya kepada wartawan di pasar Tarusan.

Kendati demikian, salah satu pedagang di Pasar Tarusan yang menjual kerupuk nasi diduga terindikasi mengandung bahan berbahaya jenis Borak.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

"Namun, belum bisa kita pastikan juga, tunggu hasil konfirmasi lab dulu. Kemungkinan borak, tapi hasilnya bisa saja negatif, sebab baru indikasi," unkapnya.

Ia mengatakan, penemuan bahan yang diduga mengandung borak tersebut, tidak pada bahan pabukoan (takjil). Namun, pada kerupuk warna yang akan dijual pedagang kepada masyarakat nantinya.

Baca Juga : Irwandi Dt. Batujuah Letakkan Standar Baru Etika Politik di Bukittinggi

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]