Tolak Tambang Emas, Ratusan Warga di Pasaman Bakar Mobil Polisi


Rabu, 23 Mei 2018 - 14:20:09 WIB
Tolak Tambang Emas, Ratusan Warga di Pasaman Bakar Mobil Polisi Kondisi salah satu mobil anggota polisi di Polres Pasaman yang dibakar massa, Rabu (23/5). Yudhi

"Dua unit mobil dibakar dan dirusak, yakni Kijang Grand milik Kasat Narkoba Polres dirusak massa dan mobil avanza milik anggota intel dibakar hingga hangus. Mobil Dandim kabarnya juga dirusak massa," ujarnya.

Dikatakan, ratusan personel kepolisian dan TNI dikerahkan untuk mengamankan kerusuhan tersebut. Sekitar 30 orang yang diamankan oleh petugas saat bentrok dengan aparat pun juga sudah dipulangkan karena situasi dan kondisi di lokasi TKP sudah mulai kondusif.

Baca Juga : Gempa Jatim, Presiden Perintahkan Jajarannya Temukan Korban yang Tertimbun Reruntuhan

"Kami sempat mengamankan 30 orang yang anarkis dan menyerang polisi dengan bom molotov. Namun, semuanya sudah kita pulangkan," ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, kericuhan pada aksi penolakan operasional tambang emas oleh massa di Simpang Tonang, Kecamatan Duokoto, semalam berawal dari adanya aksi pencegatan terhadap truk pengangkut material semen dan bahan bangunan oleh beberapa orang massa menuju ke base camp perusahaan.

Baca Juga : BNPB Tegaskan Gempa Malang Bukan Termasuk Megathrust, Tapi Zona Beniof

Anarkisme massa baru meredam sekitar pukul 04.35 WIB, setelah sejumlah pelaku anarkis yang sempat diamankan oleh petugas kembali dilepas, hasil negosiasi antara warga dengan kepolisian.(h/yud)

Baca juga: Massa-kembali-mengamuk-basecamp-tambang-emas-di-pasaman-dibakar

Baca Juga : Minibus Terjun ke Sungai di Agam, Ini Nama-nama Korban

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]