BASECAMP PERUSAHAAN DAN DUA MOBIL DIBAKAR MASSA

Petaka Tambang Emas Pasaman


Kamis, 24 Mei 2018 - 12:23:45 WIB
Petaka Tambang Emas Pasaman Kondisi mobil yang hangus terbakar di Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duokoto, Kabupaten Pasaman, Selasa (23/5). Yudhi

Dua mobil milik polisi dibakar ratusan massa yang mengamuk. Keberingasan kian menjadi. Basecamp PT Inexco Jaya Makmur yang mengelola tambang emas juga dibakar. Puluhan warga diamankan.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM– Dua unit mobil milik aparat kepolisian ludes dibakar massa dalam kerusuhan antara warga Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duokoto dengan aparat kepolisian, Rabu (23/5) dini hari. Warga juga membakar Basecamp PT Inexco Jaya Makmur. Kerusuhan itu merupakan bentuk kekecewaan dari masyarakat terhadap aktifitas tambang emas PT IJM yang jauh-jauh hari ditentang.

Selain membakar mobil, warga juga melakukan blokade agar petugas tidak bisa leluasa, dengan cara merusak badan jalan dan merobohkan kayu ke jalan-jalan sepanjang Kampung Barilas, Jorong Perdamaian hingga Andilan. Aparat mencoba menghadang amukan warga. Namun, hadangan dari aparat ini malah membuat massa kian beringas. Bahkan, massa dengan senjata tajam melempari pihak kepolisian dengan bom molotov. Massa juga membakar dan merusak dua unit mobil milik petugas.

Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin mengatakan, dua unit mobil yang dibakar bermerek Kijang Grand dan Toyota Avanza nopol BA 1978 LA.

"Dua unit mobil dibakar dan dirusak, yakni Kijang Grand milik Kasatnarkoba dan mobil Avanza milik anggota intel. Mobil Dandim kabarnya juga dirusak massa yang membakar basecamp perusahaan," ujarnya.

Dikatakan, ratusan personel kepolisian dan TNI dikerahkan untuk mengamankan kerusuhan tersebut. Sekitar 30 orang yang dimankan oleh petugas saat bentrok dengan aparat pun juga sudah dipulangkan karena situasi dan kondisi di lokasi TKP sudah mulai kondusif.

"Kita sempat mengamankan 30 orang yang anarkis dan menyerang polisi dengan bom molotov. Namun, semuanya sudah kita pulangkan," ujarnya.

Terkait sejumlah massa yang terluka, Kapolres menyebutkan itu merupakan hal yang wajar terjadi. Sebab, saat kejadian memang sudah tidak dapat dibedakan antara lawan dan kawan.  Selain itu, massa yang kian brutal juga melempari pihak kepolisian dengan bom molotov.

"Bisa saja kaki mereka terluka karena menginjak pecahan kaca bom molotov yang dilempar massa. Bisa saja terluka mungkin sewaktu mengamankan mereka," tegas Hasanuddin.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 21:09:03 WIB

    Petaka Lontong Sayur? Dua Meninggal Dunia, Puluhan Korban Dirawat

    Petaka Lontong Sayur? Dua Meninggal Dunia, Puluhan Korban Dirawat DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM– Warga Dharmasraya gempar setelah puluhan warganya dilarikan ke rumah sakit, usai makan lontong sayur. Dua korban diantaranya meninggal dunia..
  • Senin, 04 Maret 2019 - 20:34:21 WIB

    Temuan Baru, Gempa di Solsel Belum Terpetakan

    Temuan Baru, Gempa di Solsel Belum Terpetakan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan, pemicu gempa di Solok Selatan diduga berasal dari percabangan (splay) dari Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatra Fault Zone), menginga.
  • Rabu, 07 November 2018 - 11:11:49 WIB

    Petaka karena Pembalakan Hutan

    Petaka karena Pembalakan Hutan PADANG, HARIANHALUAN.COM — Terkait praktik penebangan hutan di kawasan konservasi, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi mengatakan, Kapolda Sumbar telah mengintruksikan kepada para Kapolresta di daerah untuk melakuk.
  • Kamis, 22 September 2016 - 19:32:26 WIB

    Tenda Baralek Bawa petaka. Dua Pekerja Meregang Nyawa

    Tenda Baralek Bawa petaka. Dua Pekerja Meregang Nyawa DHARMASRAYA, HALUAN--Dua orang pekerja yang memasang tenda pelaminan (baralek) meninggal dunia akibat tersengat arus listrik PLN tegangan menengah 20 kv di Pasar Blok B Sitiung 1 Koto Agung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharm.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM