Soal Dana Rajawali, DPRD Tunggu Gubernur


Kamis, 24 Mei 2018 - 13:16:41 WIB
Soal Dana Rajawali, DPRD Tunggu Gubernur Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tak kunjung rampungnya proses pencairan dana hibah Rajawali sebesar Rp80 miliar tak membuat DPRD Sumbar kehabisan akal. Mereka, melalui Komisi V berencana meminta penjelasan gubernur di DPRD Sumbar, Jumat (25/5) besok.

Ketua Komis V DPRD Sumbar, Hidayat mengatakan, akan melihat keseriusan dari gubernur Sumbar perihal dana pendidikan ini. “Kalau gubernur datang, tentunya ini akan memperlihatkan kalau gubernur serius terkait dana hibah pendidikan ini,” katanya.

Baca Juga : Merespon Penembakan oleh Oknum Polisi, Kapolri Terbitkan Telegram

Saat ini, dikatakannya, untuk cara pencairan sebenarnya sudah mengerucut dengan melahirkan peraturan gubernur (Pergub). Ia mengatkaan, puluhan miliar dana hibah PT Rajawali belum bisa dicairkan karena belum ada payung hukum untuk penyalurannya. Dalam hal ini, membentuk Pergub dibolehkan sebagai pijakan penyaluran dana.

Hanya saja, setelah beberapa kali rapat dengan Komisi V, pihaknya melihat Biro Hukum sebagai yang menyiapkan draft Pergub masih belum bisa menyerahkannya ke DPRD. Sehingga atas persetujuan pimpinan, pembahasan dana rajawali akan dilakukan dengan mengundang gubernur secara langsung.

Baca Juga : Terjadi di Tegal, Wakil Wali Kota Dilaporkan Wali Kota ke Polisi

Lainnya, Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano mengatkan, gubernur harus berani berdiskresi agar dana rajawali yang diperuntukkan untuk bidang pendidikan bisa disalurkan. Salah satu cara yang ia nilai bisa diambil adalah, gubernur memberi tenggang waktu pada OPD terkait menyelesaikan persoalan yang ada dengan segera.

Terkait kabar gubernur melahirkan perda. Ia mengatakan, itu sah-sah saja dan tidak ada larangan. Namun ia mengatakan, sudah beberapa kali langkah ini tidak efektif. (h/mg-mal)

Baca Juga : Ogi Tewas Gantung Diri di Pintu Kamar Kost Kekasihnya

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]