SISI LAIN KEHIDUPAN KAPOLDA SUMBAR, IRJEN FAKHRIZAL

Berbagi, Puncak Kebahagiaan Sang Jenderal


Jumat, 25 Mei 2018 - 11:22:34 WIB
Berbagi, Puncak Kebahagiaan Sang Jenderal Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, bersama istri Ade Fakhrizal memberikan santunan kepada anak yatim di Masjid Nurul Ikhlas, Aspol Jati, Padang. Humas Polda

“Jangan pernah menunda untuk berbagi, apalagi menunda hingga merasa sudah berkecukupan. Berbagilah dengan segala kerelaan dan keikhlasan, sebab puncak manfaat seorang manusia bagi manusia lain, adalah ketika dia bisa berbagi antar sesama,” Irjen Fakhrizal, Kapolda Sumbar.

Oleh: Yuhendra

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

Suatu waktu di pertengahan tahun 2017, suara sirine mobil voorijder meraung-raung di jalan raya Kota Padang. Beberapa polantas yang sedang berjaga di persimpangan bergegas mengatur jalan, memberi lewat rombongan yang sedang dalam pengawalan.

Beberapa belas meter dari persimpangan, tiba-tiba mobil berbelok arah, lalu berhenti di sisi jalan. Lelaki berkumis dengan dua bintang di pundaknya turun dari mobil, merogoh saku, lalu memberikan selembar uang seratus ribu pada anak jalanan yang menjajakan sapu. Usai memberi, dia bergegas lagi naik ke mobil. Sirine voorijder meraung lagi. Perlahan, suaranya ditelan deru kendaraan lain.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

Sang anak yang diberi uang lama tertegun. Uang bercorak merah digenggamnya erat. Matanya berbinar tanda bahagia.

Uang itu setara dengan keuntungannya menjajakan sabu lidi selama 10 hari. Tapi, dia tak tahu, siapa lelaki yang memberinya uang. Beberapa pengendara menghampiri sang anak jalanan, sekadar bertanya, apa yang terjadi sampai sang anak dihampiri orang penting tadi. Siapa orangnya? Namun, sang anak tak mampu menjawab. Jangankan bertanya nama, ucapan terimakasih saja alpa dia sebutkan.

Baca Juga : Irwandi Dt. Batujuah Letakkan Standar Baru Etika Politik di Bukittinggi

Segala tanya terjawab ketika polantas yang tadinya mengatur jalan, lalu berlari-lari kecil ke arah sang anak.

“Itu tadi jenderal. Kapolda Sumbar, Irjen Fakhrizal. Beliau urang awak,” katanya ringkas.

Baca Juga : Tak Menyerah pada Pandemi Covid-19, Penghasilan Jutaan Rupiah Diraup Penjual Tanaman

Barulah semuanya mahfum dan mengangguk-angguk. Ada yang takjub, ada pula merasa heran. Sebab, jarang sekali ada pejabat penting, apalagi sekaliber jenderal bintang dua yang mau turun dari mobil dinasnya, hanya untuk menghampiri anak jalanan, untuk berbagi. Kebanyakan, sekadar mengutus bawahannya untuk berbagi, tak turun langsung.

Suami Ade Fakhrizal itu memang kerap kali melakukan hal-hal yang kadang tak ada dalam pikiran para pembesar lainnya. Segala nan patut dibantu, dibantunya. Kaum dhuafa, pengamen, klub bola dan masjid, mendapatkan kucuran dana dari kantong pribadi mantan Kapolda Kalimantan Barat tersebut.

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]