BBPOM Padang Sidak Pasar Tradisional Kota Solok


Jumat, 25 Mei 2018 - 23:01:33 WIB
BBPOM Padang Sidak Pasar Tradisional Kota Solok Walikota Solok, Kapolresta Solok dan BBPOM melakukan sidak di Pasar Kota Solok, Jumat (25/5). Eri

SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Padang meningkatkan pengawasan terhadap makanan yang mengandung zat berbahaya dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional Kota Solok, Jumat 25/5).

Kepala BPOM Sumbar, Martin Suhendri mengatakan, BPOM Sumbar sangat peduli dengan kesehatan masyarakat yang sedang melakukan ibadah puasa. Untuk mengantisispasi agar masyarakat tidak sampai  mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya, BPOM Sumbar melakukan inspeksi mendadak kepada padagang bahan makanan yang ada di pasar tradisional Kota Solok.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

“Sejak awal puasa, kami telah mengantisispasi kemungkinan adanya pangan ilegal, atau bahan pangan yang dapat merusak kesehatan masyarakat. Dengan inspeksi ini diharapkan akan menimbulkan rasa aman kepada masyarakat dari kemungkinan  mengkonsumsi makanan yang mengandung formalin,borax dan zat pewarna makanan,”ujar Martin Suhendri.

Lebih jauh dikatakannya, untuk mengantisipasi adanya makanan yang mengandung  zat berbahaya, BPOM Sumbar bersama Wali Kota Solok, Kapolres Solok Kota, mengunjungi beberapa pedagang untuk mengambil sample atau contoh dari sayuran, ikan, daging dan lain-lainnya. Semua sampel itu kemudian diperiksa di labor keliling untuk menentukan apakah sampel itu mengandung formalin atau  boraks.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

Namun demikian kata Marti Suhendri, pihaknya tetap meminta masyarakat berhati-hati dengan jenis makanan yang memiliki bau menyengat dan warna mencolok, karena disinyalir makanan seperti itu mangandung zat berbahaya. Karene bagaimanapun juga BPOM Sumbar tidak mungkin bisa mengawasi seluruh pedagang yang rata-rata merupakan pedagang musiman.

Dalam inspeksi mendadak itu,BPOM Sumbar bersama Wali Kota Solok, Kapolres Solok Kota, mengunjungi beberapa pedagang untuk mengambil sample atau contoh dari sayuran, ikan, daging, untuk diperiksa apakah mengandung formalin atau  mengandung boraks.

Baca Juga : Irwandi Dt. Batujuah Letakkan Standar Baru Etika Politik di Bukittinggi

 Pada sore harinya dilanjutkan dengan  memeriksa "pasar pabukoan" atau pasar yang menjual  takjil, seperti kolak,bubur, minuman manis,  dan lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Solok, Zul Elfian mengatakan Pemkot dan tim terpadu, serta keamanan pangan melakukan cek ke lapangan untuk mengetahui ketersediaan pangan, bahan kebutuhan pokok layak konsumsi atau tidak.

Baca Juga : Tak Menyerah pada Pandemi Covid-19, Penghasilan Jutaan Rupiah Diraup Penjual Tanaman

“Alhamdulillah stok kebutuhan pokok mencukupi, harga terjangkau dan stabil, hanya ayam yang naik sedikit,” ujarnya.

 Dikatakannya, pedagang dan konsumen merasa tidak terganggu dengan adanya pengecekan kebutuhan pokok ini. Karena ini sangat penting  untuk menjaga ketersediaan barang  hingga hari raya.

 “Nantinya, kami akan mengadakan operasi pasar untuk menghindari adanya penjual yang menaikkan harga sesuka hati,”ujar Zul Elfian. (h/eri)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]