TNI AL di Padang Peringati Hari Lahir Pancasila


Jumat, 01 Juni 2018 - 13:28:19 WIB
TNI AL di Padang Peringati Hari Lahir Pancasila Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang, melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila di Mako Lantamal II Jalan Bukit Peti-peti, Teluk Bayur, Jumat (1/06). Penlantamal

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang, melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila di Mako Lantamal II Jalan Bukit Peti-peti, Teluk Bayur, Jumat (1/06).

Upacara peringatan hari lahirnya pancasila diikuti oleh pasukan Lantamal II dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) II serta PNS Lantamal II.

Baca Juga : BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Perairan Sumbar Sampai Besok

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia Joko widodo yang dibacakan oleh Wadan Lantamal II, Kolonel Marinir Lasmono, selaku Inspektur upacara mengatakan, bahwa sudah 73 tahun Pancasila sudah bertahan dan tumbuh ditengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

Selama 73 tahun Pancasila menjadi rumah kita yang Ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir Zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga : Sempat Terhenti, Pembangunan Monumen Bela Negara Segera Dilanjutkan

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri Bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi di bangunannya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Baca Juga : Mahfud MD Ingin Pembangunan Monumen Bela Negara di Sumbar Cepat Selesai

Dalam sambutannya tersebut, juga mengajak untuk terus-menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika.

"Kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin. Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Dan harus percaya diri serta berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif," tuturnya

Baca Juga : Hadiri Rapat Kerja Kepala Sekolah, Sabar AS Paparkan Ide Majukan Dunia Pendidikan

Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan, 

"Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh”paparnya.(h/rel)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]