Laporan Irwan Prayitno Terhadap Jurnalis Bentuk 'Serangan' Terhadap Kebebasan Pers


Sabtu, 02 Juni 2018 - 20:50:01 WIB
Laporan Irwan Prayitno Terhadap Jurnalis Bentuk 'Serangan' Terhadap Kebebasan Pers Ilustrasi. (Net)

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Benni Okva, wartawan Harian Haluan, yang dilaporkan Irwan Prayitno (IP) diperiksa sebagai saksi oleh Penyidik Polda Sumatera Barat, Kamis, (31/5).

Dalam press release Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) yang diterima harianhaluan.com, pada pemeriksaan, terungkap bahwa Benni Okva dituduh oleh Irwan melakukan pencemaran nama baik tidak hanya dijerat terkait dengan posting pada akun Media Sosial Facebok.

Sebagaimana diatur Pasal 310 dan 311 KUHP jo Pasal 45 jo Pasal 27 ayat 3 UU ITE, tapi juga dijerat dengan Pasal 18 ayat 2 UU Pers.

Dari rumusan Pasal 18 ayat (2) UU Pers yang dituduhkan, jelas objek yang ingin disasar dan dipidanakan adalah perbuatan Harian Haluan: 1) menerbitkan informasi peristiwa dan opini; dan 2) tidak melayani hak jawab. 

Maka, hal ini mempertegas bahwa IP melalui Laporan Polisinya 'menyerang' kedudukan Benni Okva sebagai Jurnalis dan Harian Haluan - dan Ini jelas upaya membungkam kebebasan pers dan kebebasan berekspresi.

Mengacu kepada Nota Kesepahaman Dewan Pers - Polri Nomor 2/DP/MoU/II/2017 - Nomor B/15/II/2017 tentang Koordinasi dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum Terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan, maka semestinya dalam perkara ini Penyidik mendahulukan prosedur hukum pers.




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 Januari 2019 - 12:09:46 WIB

    Ada Kerusakan Lingkungan di Sumbar, KPK Kantongi Laporan

    Ada Kerusakan Lingkungan di Sumbar, KPK Kantongi Laporan Kami berharap pemerintah daerah, provinsi dan kabupaten/kota, dalam penganggaran (di sektor lingkungan hidup dan SDM) harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Mungkin selama ini KPK terlihat hanya menindak, tanpa pen.
  • Sabtu, 02 Juni 2018 - 21:23:08 WIB

    Koalisi Masyarakat Sipil: Laporan IP Membungkam Kebebasan Pers, Ini Alasannya

    Koalisi Masyarakat Sipil: Laporan IP Membungkam Kebebasan Pers, Ini Alasannya PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pernyataan tim kuasa hukum Irwan Prayitno (IP) yang mengatakan, tidak ada serangan terhadap kebebaaan pers, dibantah oleh Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri dari berbagai lembaga, yayasan, dan kom.
  • Jumat, 04 Mei 2018 - 10:51:49 WIB

    Polisi Akan Proses Laporan Irwan Prayitno

    Polisi Akan Proses Laporan Irwan Prayitno Di tengah suara sumbang berbagai elemen masyarakat Sumbar terkait laporan IP ke polisi, pihak Polda Sumbar menyebutkan mereka akan tetap memproses laporan tersebut. Padahal, dari sejumlah pihak ada yang minta gubernur mencabu.
  • Kamis, 03 Mei 2018 - 22:16:08 WIB

    Publik Respons Laporan IP, Puluhan Pengacara Siap Membela, Aktivis Antikorupsi Meradang

    Publik Respons Laporan IP, Puluhan Pengacara Siap Membela, Aktivis Antikorupsi Meradang Langkah Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang melaporkan pemilik akun Facebook Bhenz Maharajo dan Maidestal Hari Mahesa II ke polisi yang menyikapi pengakuan terdakwa kasus dugaan korupsi SPj fiktif senilai Rp62,5  miliar, Yus.
  • Kamis, 03 Mei 2018 - 19:45:50 WIB

    Respon PH Yusafni, Laporan IP Jadi Pintu Masuk

    Respon PH Yusafni, Laporan IP Jadi Pintu Masuk PADANG, HARIANHALUAN.COM – Penasehat Hukum (PH) Yusafni, terdakwa kasus dugaan korupsi Surat Pertanggungjawaban (SPj) fiktif, Bob Hasan, SH, MH merespon positif laporan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (IP), menindaklanjuti p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM