ICMI Payakumbuh Memperkuat Persatuan Umat


Senin, 04 Juni 2018 - 13:13:13 WIB
ICMI Payakumbuh Memperkuat Persatuan Umat Pengurus ICMI Sumbar, Tafdil Husni, menyalurkan bantuan untuk Masjid Arafah di Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago, Payakumbuh . IST

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumbar memberikan mandat kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh untuk membentuk Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Payakumbuh.

Ketua ICMI Sumbar, diwakili Tafdil Husni, mengatakan, ICMI adalah organisasi internal Islam yang harus digairahkan dan dihidupkan lagi serta harus diperhatikan. Dengan ICMI sebagai wadah, Islam memperkuat persatuan di tengah keadaan saat ini yang berusaha memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

“Karena itu, jadikan silaturahmi dan buka bersama dengan Pemko Payakumbuh ini untuk menjaga hubungan untuk mencegah timbulnya upaya pecah belah yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Rektor Universitas Andalas itu di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Jumat (1/6).

Tafdil menyampaikan tantangan cendekiawan muslim dalam menghadapi masalah umat pada masa kini adalah kasus narkoba, LGBT, dan terorisme, yang menurutnya bisa diantisapasi dengan kembali mendalami syariat Islam.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

"Mari bersama bentengi keluarga, anak, dan kemenakan untuk kembali ke surau. Aplikasikan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz, menyambut baik amanah yang diberikan MPW ICMI Sumbar kepada Payakumbuh.

Baca Juga : Irwandi Dt. Batujuah Letakkan Standar Baru Etika Politik di Bukittinggi

“Kami menyambut baik kabar gembira ini. Semoga amanah ini bisa dijalankan dan memberi pengaruh kepada umat, khususnya di Payakumbuh. Kami siap menjalankannya,” ucapnya.

Ia berharap ICMI mampu menyatukan cendekiawan di Sumbar dalam wadah yang solid, termasuk di Payakumbuh. Karena itu, ia berharap ICMI Payakumbuh menghimpun cendekiawan dan umat dalam suatu ukhuwah islamiah untuk menyukseskan pembangunan segala bidang di kota itu.

Baca Juga : Tak Menyerah pada Pandemi Covid-19, Penghasilan Jutaan Rupiah Diraup Penjual Tanaman

Kegiatan silaturahmi dan buka bersama tersebut dihadiri Sekda Payakumbuh, Benni Warlis; Staf Ahli Wali Kota, Ruslayetti; sejumlah pejabat Pemko Payakumbuh; dan beberapa pengurus MPW ICMI Sumbar.

Pada hari itu, Tim Safari Ramadan (TSR) ICMI Sumbar mengunjungi Masjid Arafah di Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago, Payakumbuh Barat. (h/zkf/mg-ari)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]