Gebu Minang Sumbar Bakal Bangun Seribu Gebu Minang Mart


Senin, 04 Juni 2018 - 13:29:43 WIB
Gebu Minang Sumbar Bakal Bangun Seribu Gebu Minang Mart Komisaris Utama BRI, Andrinof Chaniago, meluncurkan Gebu Minang Mart di Asrama Haji, Padang, Jumat (1/6). HOLY ADIB

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM—DPW Gebu Minang Sumbar sudah memantapkan niat untuk membangun bisnis retail. Komisaris Utama BRI, Andrinof Chaniago, meluncurkan Gebu Minang Mart di Asrama Haji, Padang, Jumat (1/6). Ketua Gebu Minang Sumbar, Boy Lestari, berencana membangun 1.000 Gebu Minang Mart dalam waktu dekat di seluruh provinsi ini.

Boy menjelaskan, Gebu Minang Mart merupakan salah satu program pengurus Gebu Minang Sumbar saat ini. Pihaknya membuat program itu untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui perdagangan dengan membangun usaha rakyat yang bisa bersaing dengan usaha lainnya, dalam hal ini toko retail lain.

Menurut Boy, Gebu Minang Mart menarik karena tidak mensyaratkan modal untuk bergabung dengan program itu. Gebu Minang Mart memakai sistem konsinyasi dan mendistribusikan barang-barang yang akan dijual. Pemilik toko hanya perlu mengembalikan uang dari hasil penjualan tersebut setelah mengambil keuntungan dari tiap barang.

“Untuk bergabung dengan Gebu Minang Mart syaratnya memiliki toko/gerai sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Gebu Minang Mart,” ujarnya.

Untuk membangun Gebu Minang Mart, kata Boy, pihaknya bekerja sama dengan Lembaga Ekonomi Umat (LEU) Mart, lembaga yang berada di bawah Majelis Ulama Indonesia Pusat.

Boy menargetkan minimal 100 gerai Gebu Minang Mart di satu daerah di Sumbar. Dalam waktu dekat, pihaknya berencana membangun 1.000 Gebu Minang Mart. Untuk mewujudkan target itu, setelah Lebaran ini, pihaknya akan membuat kantor sekretariat sebagai tempat mendaftar bagi peminat yang ingin bergabung dengan Gebu Minang Mart.

“Gebu Minang akan mendata peminat yang ingin bergabung dengan Gebu Minang Mart. Siapa saja orang Minang boleh bergabung dengan program ini walau bukan pengurus Gebu Minang,” ucapnya.

Karena Gebu Minang Mart bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat, Boy berharap Pemprov dan DPRD Sumbar serta pemda-pemda dan DPRD-DPRD di provinsi ini untuk mendukung Gebu Minang Mart.

Sementara itu, Pendiri LEU Mart, Sutrisno Lukito, menjelaskan, LEU Mart merupakan program tahap awal program LEU MUI agar hasil produk UMKM bisa disalurkan ke toko retail, yang tujuan besarnya untuk mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi di tengah masyarakat.

“LEU Mart merupakan gerai retail berkonsep waralaba dengan sistem konsinyasi. Karena sistem konsinyasi, ia berharap pemilik toko membayar uang dari barang yang terjual secara disiplin,” ucapnya.

Sutrisno menerangkan, LEU Mart memiliki empat tipe. Pertama, tipe W, yang merupakan warung tradisional dengan luas minimal 15 meter persegi dengan nilai barang dagangan Rp20 juta. Pihaknya mengubah warung tradisional menjadi toko modern. Kedua, tipe A, toko dengan luas 20—35 meter persegi dengan nilai barang dagangan Rp40 juta. Ketiga, tipe B, toko dengan luas 40—60 meter persegi dengan nilai barang dagangan Rp100 juta. Keempat, tipe C, toko dengan luas 70—95 meter persegi dengan nilai barang dagangan Rp200 juta.

Untuk bergabung dengna LEU Mart, kata Sutrisno, peminat diwajibkan membayar uang pendaftaran sebesar Rp500.000. Uang tersebut akan dikembalikan jika peminat tidak lolos survei lokasi.

“LEU Mart ini untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi. Setelah Lebaran, kami menargetkan minimal 300 gerai se-Indonesia. Di Sumbar, kalau ada 100 gerai, LEU Mart akan menyiapkan pusat distribusi, logistik, pelatihan untuk pemilik toko,” tuturnya. (h/dib)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Juli 2018 - 14:21:09 WIB

    OSO Dukung Pengembangan Gebu Minang Mart

    OSO Dukung Pengembangan Gebu Minang Mart PADANG, HARIANHALUAN.COM— Ketua DPP Gebu Minang Oesman Sapta Odang, mendukung rencana pengembangan Gebu Minang Mart yang digagas Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gebu Minang Sumbar yang bekerja sama dengan Lembaga Ekonomi Umat..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM