Rang Awak di Australia, Tarawih Jamaah di Gedung yang Harus Disewa Lebih Awal


Kamis, 07 Juni 2018 - 09:53:38 WIB
Rang Awak di Australia, Tarawih Jamaah di Gedung yang Harus Disewa Lebih Awal Para jamaah yang sebagian besar muslim asal Indonesia menunaikan ibadah tarawih di gedung yang mereka sewa sejak 6 bulan sebelum Ramadan. IST/HUSNA DEWI

Laporan: Rakhmatul Akbar

Karena disini, Perth, Australia Barat tidak ada yang jualan takjil Husna Dewi mengaku harus mandiri menyiapkan penganan berbuka puasa. Jelas ini berbeda dengan situasi di kampung halamannya yang hampir di setiap sudut kota selalu dipadati dengan penjual Takjil.

“Kalau kangen masakan atau cemilan tanah air harus siap siap dengan segala keruwetan memasaknya hehehe... ,”lanjut Dewi dalam korespondensinya dengan Haluan

Kendati demikian, ia mengaku masih bisa bersyukur jika merindu dengan masakan nusantara. Katanya,  produk produk makanan indonesia sudah banyak hadir di Asian Grocery, seperti berbagai macam mie, saus, ikan asin dan juga agar agar dan jelly. Bukan cuma itu, ada juga ikan lele (karena di Australia tidak ada peternak lele) daun singkong, jengkol sampai petai pun ada.

“Tidak terlalu repot Kok sebenarnya kalau untuk sekedar memenuhi selera Indonesia kita,”ujarnya renyah.

Lalu, bagaimana dengan ibadah? Dewi sendiri mengaku untuk ritual sholat tarawih, mereka bersama komunitas muslim di sekitar tetap menyelenggarakan secara berjamaah. Untuk sholat tarawih berjamaah mereka harus menyewa tempat dan menyulapnya menjadi mushalla. Biasanya dari enam bulan sebelum masuk Ramadan hal itu sudah harus diselesaikan karena tidak gampang mengurus segala perijinannya. Dan yang pasti kita tidak bisa sembarangan beribadah di sembarang tempat. Aturannya lumayan ketat. Kalau melanggar sudah pasti didenda.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]