Uji Kelaikan Kendaraan, Petugas Kembali Amankan Sopir Terkait Narkoba


Kamis, 07 Juni 2018 - 10:19:11 WIB
Uji Kelaikan Kendaraan, Petugas Kembali Amankan Sopir  Terkait Narkoba Petugas dari Kementerian Perhubungan memasang stiker injeksi keselamatan. RIVO

PADANG,HARIANHALUAN.COM – Uji kelaikan kendaraan yang digelar tim gabungan Polantas, BNN dan Dishub kembali menemukan pengemudi angkutan yang menggunakan dan menyimpan narkoba. Setelah sehari sebelumnya empat pengemudi berurine positif narkoba, dalam uji yang berlangsung, Rabu (6/6), petugas mendapati dua orang pengemudi terkait narkoba.

Menurut Dirlantas Polda Sumbar KBP Singgamata, mengatakan, dua pengemudi itu merupakan pengemudi angkutan barang, truk yang kedapatan menyimpan ganja. Sementara, seorang pengemudi lainnya, terbukti positif menggunakan narkoba.“Keduanya kita serahkan ke jajaran Dit Resnarkoba untuk ditindaklanjuti. Kebetulan, Direkturnya, (KBP Kumbul) juga ikut dalam kegiatan ini,”kata Singgamata lagi saat ikut memimpin jajarannya uji kelayakan dekat terminal truk Koto Lalang, Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang.

Baca Juga : Ratusan Tabung Gas Subsidi 3 Kg Disita Petugas Polsek

Pada kegiatan tersebut,para sopir Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) yang terjaring ketika masuk ke Kota Padang, menjalani tes urin dan diperiksa kelengkapan serta kelayakan kendaraaanya oleh Jajaran Ditlantas dan Polresta Padang.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kelalaian sopir maupun kelayakan kendaraan menjelang lebaran Idul Fitri.

Baca Juga : Astaghfirullah, TKW di Malaysia Dianiaya Majikan, 5 Tahun Tak Digaji

Pemeriksaan surat-surat dan kelayakan tersebut dilakukan oleh Ditlantas Polda Sumbar, Satlantas Polresta Padang, bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

Pemeriksaan itu dilakukan dibeberapa tempat selama dua hari ini mulai dari Selasa kemarin dan Rabu (6/6). Adapun lokasinya yaitu di Bandar Buek, Timbangan TPR Lubuk Buaya dan Terminal Truk Koto Lalang.

Baca Juga : Terduga Gembong 500 Gram Sabu Diciduk Polisi

Informasi dihimpun dari Kombes Singgamata yang menjabat sebagai Ditlantas Polda Sumbar mengatakan kegiatan pemeriksaan kelayakan jalan kendaraan angkutan lebaran tahun 2018 itu pertama kali dilakukan di Timbangan TPR Lubuk Buaya. Disana sekitar 30 Bus AKDP dan AKAP diperiksa satu persatu.

Pada kesempatan lain, Kapolresta Padang AKBP Yulmar Tri Himawan menjelaskan, kegiatan pemeriksaan dilakukan, didua tempat berbeda di Padang yaitu dikawasan Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Indarung. “Kegiatan itu adalah pengecekan ulang layak kendaraan angkutan lebaran tahun 2018 seperti ban, rem, setir, gas dan mesin. Kami juga memeriksa surat surat kendaraan sopir angkutan lebaran, serta memeriksa kondisi kesehatan sopir. Mulai dari periksa tensi dan tes urine,”ungkapnya Kapolresta Padang, (6/6) yang didampingi Kasatlantas Polresta Padang Kompol Asril

Baca Juga : Simpan Sabu Dalam Koper, Sepasang Pasutri Dicokok Polisi

Sementara itu, pada uji kelaikan di JTO Lubuk Buaya, petugas Dinas Perhubungan Kota Padang dengan tim gabungan juga melakukan hal serupa.“Pengecekan ini akan dilakukan selama tiga hari di dua lokasi, yaitu di Timbangan Oto Lubuk Buaya ini yang menjangkau akses jalan ke Bukittinggi, Pariaman, Pasaman, Batusangkar dan Payakumbuh. Selain itu, di Timbangan Truk Koto Lalang dengan jangkauan menuju arah Solok dan Alahan Panjang,” Kata Jovi Satrios, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Padang kepada Haluan, Rabu (6/6).

Dijelaskan Jovi, untuk kendaraan ada tujuh komponen yang harus diperiksa keseluruhannya secara manual. Pemeriksaan pertama yang dilakukan oleh pihak Dinas Perhubungan, adalah pemeriksaan administrasi dokumen kendaraan seperti, SIM, Buku KIR dan STNK. Setelah itu baru diperiksa kendaraan dan juga sopirnya. “Mereka tetap boleh beroperasi, tapi dilakukan penilangan dari pihak kepolisian itu merupakan pelanggaran ringan. Sedangkan, untuk pelanggaran berat misalkan bola lampu berwarna hijau (Ballgreen) itu kan berbahaya,” jelasnya.

Ia menambahkan, “Sebagai sanksinya, kami tangguhkan penumpang untuk diturunkan dan kendaraan tersebut tidak boleh jalan serta pihak perusahaan angkutan umum diminta usahakan mencari kendaraan peganti. Tapi jika perusahaan itu tidak sanggup, nanti dari kita akan carikan kendaraan peganti,” tambahnya lebih lanjut.

Fungsi alat yang dicek, diantaranya seperti, Rem, sistem kemudi, kaca yang pecah, pencahayaan lampu mobil yang kurang dan kelayakan ban kendaraan itu sendiri. Tidak hanya itu, pemeriksaan kesehatan dan pengemudi pengguna narkoba, juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Padang tergabung dengan BNN provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Hj. Syafruddin selaku Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Pengendalian Narkoba Dinas Kesehatan Kota Padang menuturkan, untuk pemeriksaan pengemudi diperiksa melalui Tim Kesehatan yang dilakukan untuk mengantisipasi tidak terjadinya kecelakaan.“Kita dari Tim Kesehatan lakukan pemeriksaan PTM. PTM tersebut menyangkut tensi yang kita periksa, dan juga ada terindikasi mengalami penyakit gula darah. Karena mereka yang menderita penyakit gula darah itu rentan menyebabkan kantuk, apalagi mereka seorang sopir. Selasa kemarin itu ada tiga orang yang mengidap penyakit gula darah, Alhamdulillah har ini belum,” tuturnya.

Pendapat lainnya, Kepala Bidang Pemberantasan BNN Provinsi Sumatera Barat, AKBP Emrizal Hanas juga mengatakan dua hari digelarnya uji kelayakan didapati empat orang pengguna narkoba.“Selasa kemarin itu ada tiga orang sopir yang memakai narkoba. Dan barusan dapat informasi, hari ini ada satu orang yang juga didapati di Timbangan Truk Koto Lalang,” pungkasnya.

Selain itu, untuk kendaraan angkutan online, Dishub tidak lakukan uji kelayakan serta pengecekan karena hanya dilakukan terhadap angkutan umum yang sudah memiliki izin. “Dan kami belum mendapatkan informasi, dimana satupun perusahaan angkutan online belum mendapatkan izin dari kota Padang. Informasi terakhir yang kami dapat dari Dishub provinsi itu, baru satu yang baru mengajukan izin dan masih dalam proses,” tutup Jovi Satrios. (h/mg-rio/mg-rei)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]