Sidang KI Sumbar: Tender Barang dan Jasa Pemerintah Adalah informasi Terbuka


Kamis, 07 Juni 2018 - 16:05:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sidang KI Sumbar: Tender Barang dan Jasa Pemerintah Adalah informasi Terbuka KI Sumbar pada sidang sengketa informasi memutuskan dokumen tender pengadaan barang dan jasa adalah informasi terbuka, Kamis (7/6) di ruang sidang KI Sumbar (foto: ppid-kisb)

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Komisi Informasi Sumbar putuskan informasi dan dokumentasi tender pengadaan barang dan jasa pemerintah adalah informasi terbuka.

"Menerima permohonan pemohon secara keseluruhan dan memerintahkan termohon untuk menyerahkan informasi dan dokumentasi aquo berdasarkan ketentuan perundang-undangan lain, diserahkan 14 hari kerja sejak keputusan diterima,"ujar Ketua Majelis Komisioner Komisi Informasi Sumbar Syamsu Rizal didampingi Arfitriati dan Adrian selaku anggota majelis komisioner di ruang sidang KI Sumbar, Kamis (7/6).

Sidang sengketa informasi terkait tender lelang pembangunan RSUD Sungai Dareh Dharmasraya tahun 2017.

Sidang berjalan marathon para pihak bertahan dengan sikap masing-masing, bahkan masing pihak menghadirkan saksi ahli.

Majelis komisioner dalam pertimbangannya kata Arfitiriati asas tender pengadaan barang dan jasa di Perpres salah satunya transparansi.

"Proses awal tender terbuka, dalan hal prosss di Pokja tertutup, tapi setelah pemenang diumumkan maka seluruh informasi dokumen harus terbuka, tidak saja ke peserta tender, masyarakat sekali pun berhak tahu,"ujar Arfitriati.

Hal yang sama disampaikan Adrian, kontrak merupakan perbuatan legal pemerintah dengan pihak ketiga.

"Dalam UU 14 tahun 2008, kontrak atau perjanjian badan publik dengan pihak ketiga adalah informasi wajib tersedia setiap saat,"ujarnya.

Sengketa informasi antara Pemohon PT Fanitra Indotama dan termohon atasan PPID Pemkab Dharmasraya.

"Sengketa terjadi setelah permohonan informasi terkait dokumen tender RSUD Sungai Dareh tidak memuaskan pemohon, dan termohon tegas mengatakan itu dokumen dikecualikan karena persaingan usaha dan rahasia dagang,"ujar Adrian.

Hari ini KI Sumbar juga memutuskan sengketa informasi antara Arief Paderi dari Integritas sebagai pemohon dengan atasan PPID Pemko Padang.

Objek sengketa informasi terkait tidak ditanggapi keberatan Intgeritas soal permohonan dokumen pengadaan lahan di Pemko Padang.

"Ya sidang tadi pagi, diputuskan majelis menolak permohonan pemohon dan menyatakan informasi aquo soal dokumennya informasi terbuka,"ujar Panitera Penganti Ade.

Sedangkan terkait putusan, menurut Ketua KI sekaligus ketua majelis komisioner berdasarkan ketentuan regulasi sengketa informasi publik, para pihak tidak puas dapat menempuh mekanisme keberatan ke PTUN.

"Kepada para pihak yagg tidak puas atas putusan majelis komisioner KI Sumbar, maka 14 hari kerja sejak putusan diterima.dapat menempuh mekanisme keberatan kepada PTUN,"ujar Syamsu Rizal. (h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Desember 2017 - 09:45:55 WIB

    Usulan Roehana Koeddoes Pahlawan Nasional, DPD RI Siap Bahas di Sidang Paripurna

    Usulan Roehana Koeddoes Pahlawan Nasional, DPD RI Siap Bahas di Sidang Paripurna PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI, Leonardy Harmainy, berencana akan membawa usulan pahlawan untuk Rangkayo Roehana Koeddos di rapat paripurna DPD RI. Pasalnya, pengajuan Roehana Koeddoes untuk ma.
  • Jumat, 19 Agustus 2016 - 03:39:35 WIB

    Tiga Oknum Polisi Mulai Disidang

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Si­dang perdana kasus perampokan nasabah Bank Syariah Mandiri (BSM) Muarokalaban yang meli­batkan tiga orang oknum anggota polisi Polsek Muarokalaban Sawah­lunto, mulai digelar Pengadilan Negeri Sawa.
  • Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:30:26 WIB
    KORUPSI RUKO LUBAS

    Mantan Pejabat BPN Segera Disidang

    Mantan Pejabat BPN Segera Disidang AGAM, HALUAN—Tersangka tindak pidana korupsi Ruko Pasar Lama Lubuk Basung, akhirnya menjalani proses penuntutan setelah Kejaksaan Negeri Agam, menaikkan status kasus tersebut menjadi tahap dua, Senin (15/8)..
  • Selasa, 16 Agustus 2016 - 04:34:18 WIB
    TAK DIHADIRI TERGUGAT TIGA

    Sidang Gugatan PT. KE Ditangguhkan Lagi

    Sidang Gugatan PT. KE Ditangguhkan Lagi PADANG PANJANG, HALUAN—Sidang atas gugatan yang dilayangkan PT. Kultindo Ereshamas (KE) kepada Pemko Padang Pan­jang (tergugat 1), DPRD Padang Panjang (2) dan PT. Hutama Karya (3), terkait pem­bangu­nan Pasar Pusat Padan.
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 03:11:35 WIB
    BELUM MILIKI DOKUMEN RESMI

    86 Pasutri di Ampalu Jalani Sidang Itsbat

    86 Pasutri di Ampalu Jalani Sidang Itsbat LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Sebanyak 86 pasutri di Nagari Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban menjalani Sidang Itsbat, Kamis (21/7) siang. Sidang Itsbat ini untuk memberikan kepada pasangan suami isteri (Pasutri) yang belum.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM