Ramlan Nurmatias:  Harga Sembako Masih Stabil


Jumat,08 Juni 2018 - 11:00:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ramlan Nurmatias:  Harga Sembako Masih Stabil SIDAK HARGA -- Walikota Ramlan Nurmatias melakukan sidak harga sembako di Pasar Bawah. Gatot

BUKITTINGGI, HALUAN-Jelang Idul Fitri 1439 hijriyah, Pemko Bukittinggi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) harga sembako ke sejumlah pasar. Kegiatan sidak dipimpin langsung oleh Walikota didampingi Wakil Walikota dan Sekdako, Rabu (6/6).

Juga turut ikut dalam Sidak tersebut Staf Ahli Menteri Perdagangan bidang Hubungan Internasional, Kepala OPD, Kabag Perekonomian, Kabag Humas serta beberapa instanai lainnya. Sidak diawali dengan meninjau harga sembako dan kebutuhan lainnya di Pasar Bawah.

Dalam sidak harga pasar itu, pemerintah kota memastikan harga komoditi sembako dan kebutuhan dapur lainnya, masih dalam kondisi normal. Diprediksi kondisi ini tetap bertahan hingga lebaran Idul Fitri mendatang.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menjelaskan, dari sidak yang dilakukan, dapat disimpulkan harga kebutuhan pokok di pasar tidak naik atau masih stabil jelang lebaran ini. Selain itu, stok atau ketersediaan dari sembako dan kebutuhan lainnya masih mencukupi. "Sejauh ini harga pasar masih normal dan stabil. Bahkan ada beberapa diantaranya turun. Seperti cabe itu turun cukup drastis dari Rp40 ribu kini menjadi Rp28 ribu. Kita prediksi ini akan tetap bertahan. Kalaupun nantinya ada kenaikan, kemungkinan tidak akan terjadi lonjakan yang signifikan. Artinya masih dalam batas kewajaran," ungkap Ramlan.

Untuk ketersediaan beras jelang lebaran kata Ramlan, masih bisa dipenuhi. Kalaupun nanti terdapat kekurangan, Bulog Bukittinggi bersedia membantu menyiapkan pangan yang dibutuhkan masyarakat. "Stok kita aman. Kita harapkan inflaai dapat ditekan. Namun jangan sampai terjadi deflasi. Kita upayakan normal dan seimbang," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri Perdagangan Hubungan Internasional, Dody Edward mengatakan, pasokan sembako dan kebutuhan lainnya masih aman. Bahkan pembelinya pun cukup ramai.

"Banyak juga yang bisa dicontoh dari Bukittinggi, seperti penjual daging yang mencantumkan harga sesuai tingkatan. Kualitas 1 Rp130.000 per kg, kualitas 2 Rp120.000 per kg dan kualjtas 3 Rp100.000 per kg. Selain itu dapat disimpulkan untuk Sumbar khususnya Bukittinggi, harga pasar terkendali dan pasokannya pun aman," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Rismal Hadi menjabarkan, beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga yakni cabai merah dari Rp40.000/kg turun menjadi Rp28.000/kg, bawang merah dari Rp35.000/kg turun Rp25.000/kg, jengkol dari Rp70.000/kg turun Rp30.000/kg serta beberapa komoditas lainnya. Sedangkan beras dijual bervariasi tergantung merk antara Rp 11.500 per kg hingga Rp13.500 per kg. "Untuk harga minyak goreng, tepung, gula, daging dan ayam harganya masih normal. Tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan" pungkasnya. (h/dn/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,16 Januari 2017 - 18:31:10 WIB
    M NUR IDRIS KETUA PANSUS RTRW

    Ramlan Nurmatias Jawab Pandangan Fraksi

    Ramlan Nurmatias  Jawab Pandangan Fraksi BUKITTINGGI, HALUAN-Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyampaikan jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap pengajuan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Perubahan Perda Nomor 06 Tahun 2011 tentang Rancana T.
  • Selasa,14 Juni 2016 - 03:20:40 WIB
    Dihadapan Tim Kementerian LHK

    Wako Ramlan Presentasikan Program Adipura

    BUKITTINGGI, HALUAN — Walikota Bukit­tinggi, M Ramlan Nurmatias akan mem­presen­tasikan pelaksanaan program Adipura 2016 Kota Bukittinggi dihadapan tim dari Kemen­terian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Jakarta, .
  • Selasa,12 April 2016 - 12:05:08 WIB

    Wako Ramlan: Pelayanan Buruk Rugikan Daerah

    BUKITTINGI, HALUAN — Pemko Bu­kittinggi melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar Bimtek Etika Pelayanan Publik. Bimtek selama empat hari tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Bukittingi Ramlan Nurmatias, Senin.
  • Senin,28 Desember 2015 - 03:26:09 WIB
    Jadi Walikota-Wakil Walikota Terpilih

    Tim Relawan Ramlan-Irwandi Syukuran

    Tim Relawan Ramlan-Irwandi Syukuran BUKITTINGGI, HALUAN — Kerja keras tim peme­na­ngan pasangan Ramlan-Ir­wandi (RI) berbuah manis, ka­re­na berhasil me­ngan­tarkan pasangan RI men­duduki jabatan Walikota dan Wakil Walikota Bukit­tinggi terpilih peri.
  • Sabtu,12 Desember 2015 - 02:46:57 WIB

    Ismet Amzis Ucapkan Selamat kepada Ramlan

    Ismet Amzis Ucapkan Selamat kepada Ramlan BUKITTINGGI, HALUAN — Calon Walikota Bukit­tinggi nomor urut 5 Ismet Amzis beserta tim pe­me­nangan­nya, mengunjungi posko walikota pasangan Ramlan-Irwandi untuk me­m­berikan ucapan selamat atas kemenangan yang di­ra.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM