Masa Rehat Sudah Panjang, Pegawai Dilarang Tambah Masa Libur


Sabtu,09 Juni 2018 - 00:53:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Masa Rehat Sudah Panjang, Pegawai Dilarang Tambah Masa Libur Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Menyikapi Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) terkait penegakan disiplin cuti bersama dan libur lebaran, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang diwanti-wanti untuk tidak melakukan pelanggaran dalam bentuk menambah masa libur.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Asnel menegaskan, libur lebaran dan cuti bersama 2018 ini telah cukup panjang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sehingga, sudah tidak ada alasan bagi ASN dan pegawai honorer (kontrak) untuk menambah masa libur. Sesuai aturan yang berlaku, aka nada sanksi yang diterapkan jika ada ASN atau tenaga kontrak yang melanggar.

“Libur dimulai 11 Juni ini, berakhir 20 Juni. Wajib masuk kembali 21 Juni, tidak ada alasan. Kami imbau ASN dan tenaga kontrak untuk hadir 100 persen pada waktu itu. Liburan sudah lama, jangan ditambah-tambah,” kata Asnel saat memperingati Nuzul Quran di Masjid Agung Nurul Iman, Jumat (8/6).

Asnel menjelaskan, Pemko Padang di bawah arahan Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Alwis nantinya akan menggelar inspeksi mendadak (sidak) untuk melihat tingkat disiplin ASN dan tenaga kontrak terkait masa libur lebaran dan cuti bersama tersebut. “Jadi sudah tidak ada alasan untuk menambah libur. Tunggu saja, pimpinan nanti akan sidak,” katanya lagi.

Selain itu Asnel berharap, atas kelebihan rezeki yang diterima oleh para pegawai menjelang lebaran kali ini, sedapat mungkin juga disalurkan untuk saling membantu meringankan beban sesama. Apalagi, bila perhatian tersebut diberikan selama Ramadan masih berlangsung.

“Contoh kepada pegawai honorer yang tidak terakomodir seperti ASN dari segi pendapatan jelang lebaran. Mungkin ada pula yang tidak menerima tunjangan hari raya, atau menerima THR dalam jumlah kecil. Sedapat mungkin ASN untuk memberikan perhatian kepada mereka,” ucap Asnel.

Asnel mencontohkan, bila di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terdapat setidaknya 50 ASN, maka sudah sewajarnya menyisihkan Rp50-100 ribu secara bersama-sama, untuk diberikan kepada pegawai kontrak atau honorer yang selama ini membantu pekerjaan di OPD masing-masing.

Semoga dengan demikian puasa dan lebaran tahun ini menjadi lebih berkah. Kami dari Pemko Padang juga mengucapkan selama berlebaran, mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya. (h/rel/isq)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,06 April 2018 - 20:14:59 WIB

    Palanta Mediasi, Cara ‘Adat’ Polisi Padang Selesaikan Masalah

    Palanta Mediasi, Cara ‘Adat’ Polisi Padang Selesaikan Masalah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Tingginya laporan masyarakat kepada pihak kepolisian terkait kasus yang dianggap “ringan” membuat Polresta Padang menjalankan program Palanta Mediasi..
  • Selasa,15 Agustus 2017 - 12:23:21 WIB

    Weno: Masalah Nyata Transportasi di Padang Adalah Kemacetan

    Weno: Masalah Nyata Transportasi di Padang Adalah Kemacetan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kandidat calon Walikota Padang Weno Aulia Durin menyoroti sektor transportasi Kota Padang yang masih bermasalah..
  • Rabu,19 April 2017 - 19:04:28 WIB

    Penambahan PJU Pantai Padang Tunggu Penyelesaian Masalah Jalan

    Penambahan PJU Pantai Padang Tunggu Penyelesaian Masalah Jalan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Penambahan sarana Penerangan Jalan Umum (PJU) atau lampu Jalan disepanjang Jalan Samudera tepatnya di Simpang Olo Ladang tidak bisa dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). .
  • Kamis,15 Desember 2016 - 01:01:37 WIB

    Administrasi SKPD Banyak Bermasalah

    PADANG, HALUAN — Hasil au­dit yang dilaksanakan oleh Apa­rat Penga­wasan Intern Peme­rin­tah (APIP) Kota Padang men­je­laskan hampir seluruh SKPD di Ko­ta Padang bermasalah dari sisi ad­ministrasi dan laporan keua.
  • Senin,05 Desember 2016 - 01:31:00 WIB
    KATA MENTERI AGRARIA

    Masalah Tanah Ulayat di Sumbar Rumit

    Masalah Tanah Ulayat di Sumbar Rumit PADANG, HALUAN — Per­soalan pensertifikatan tanah ulayat masih menjadi pekerjaan besar Kanwil BPN se-Sumatera Barat. Sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang me­miliki tanah ulayat, tapi belum mengantongi sertifikat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM