Liga 3 Sumbar Tetap Digulir Mulai 30 Juni 2018


Ahad, 10 Juni 2018 - 00:11:33 WIB
 Liga 3 Sumbar Tetap Digulir Mulai 30 Juni 2018 Pemain Semen Padang mendapat jatah libur menghadapi lebaran. Selama libur para pemain melakukan latihan ringan. IRHAM

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Liga 3 Sumbar  yang akan resmi digulirkan pada 30 Juni mendatang akan terus dilaksanakan sesuai jadwal. Meski Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI juga akan bertindak sebagai tuan rumah kursus pelatihan lisensi C AFC, pada pertengahan Juli. Pelatihan ini dinilai tidak akan menggangu jalannya Liga 3 Sumbar.

Hal ini disampaikan Ketua Pelaksana gelaran Liga 3, Yulius Dede kepada Haluan, Kamis (7/6). "Kalau memang ada pelatih tim Liga 3 yang mengikuti kursus, tentunya ia akan bisa berkoordinasi dengan asisten pelatihnya," katanya.
Dede menjelaskan, Liga 3 kali ini akan memakai format setengah kompetisi yang akan dibagi menjadi 4 grup. Masing-masing grup berhak meloloskan 2 tim.
 
Untuk yang lolos, Liga 3 kali ini mengalami perubahan pada babak lanjutan sesudah tingkat Provinsi. Jika 2017 ada yang langsung lolos ke putaran nasional. Pada 2018 Asprov Sumbar punya kuota dua tim pemenang lanjut ke babak regional Sumatera dulu baru lanjut ke babak nasional. "Akan ada 4 tim yang akan lolos dan bertanding di tingkat regional. Di tingkat regional juga akam dicari 4 tim yang akan mewakili di tingkat nasional," ujarnya.

20 yang mendaftar di Liga 3 yaitu Persiju Sijunjung, Solok FC, PS Gas, Taruna Mandiri, Persepak Payakumbuh, PS Bar Pasaman Barat, PSPP Padang Panjang, PSBS Batu Sangkar, GMR FC Tanah Datar, PSP Padang, Persikopa Pariaman, Limkos FC, PSKA Agam, Pes Pessel, Gasliko, Piaman FC, PSKB Bukittinggi, Pasaman, dan juara bertahan Batang Anai FC.

Menurut Dede, pelaksanaan kursus pelatihan lisensi C AFC ini seharusnya bisa dimanfaatkan langsung oleh pelatih-pelatih yang ada di Sumatera Barat khususnya pelatih di Liga 3. Karena ditunjuknya Sumbar menjadi tuan rumah pelaksanaan lisensi C AFC ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk pelatih Sumbar.

Ia mengatakan, hal ini tidak terlepas dari jatah Asprov PSSI Sumbar bisa mengirim 18 pelatihnya dari 24 pelatih di setiap gelombangnya. "Lagian, untuk yang lolos di Regional Sumatera nanti. Pelatihnya harus memiliki lisensi C AFC. Apabila memang belum, tentunya harus mencari pelatih lain," katanya.

Ia berharap, kesempatan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh semua pelatih di Sumbar. "Bahkan saya berharap, pelatih di SSB Sumbar juga sudah berlisensi C AFC. Karena kualitas sepakbola akan meningkat ketika sudah mendapatkan pelatih yang bagus dari dini," katanya. (h/mg-mal)
 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM