Jokowi Bakal Kembali ke Padang


Senin, 11 Juni 2018 - 16:06:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jokowi Bakal Kembali ke Padang RAPAT KONASPI - Rektor UNP, Prof Ganefri, bersama dengan Forum Wakil Rektor I dan Panitia Konaspi pusat saat rapat persiapan Konaspi di UNP Sabtu (9/6). Konaspi ke-XI direncanakan akan dibuka langsung Presiden RI, Joko Widodo. IST

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM –Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan kembali menginjakkan kaki di Ranah Minang. Orang nomor satu di republik bakal membuka Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) XI yang digelar Universitas Negeri Padang (UNP) pada Maret 2019.

Menurut Rektor UNP, Prof Ganefri kegiatan itu akan dihadiri akan ada 3.000 peserta yang akan hadir pada acara Konaspi tersebut. Keterangan itu disampaikannya usai rapat bersama dengan Forum Wakil Rektor I Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia beserta tim Konaspi.

Ditambahkannya, pelaksanaan Konaspi sejalan dengan fokus UNP dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dengan adanya kegiatan ini akan memberi ruang pada pakar, pemerhati, dan pelaku pendidikan dalam menambah ilmu di UNP.

“Ditunjuknya UNP sebagai tuan rumah Konaspi ke-Xi ini merupakan kehormatan bagi UNP. ApaIagi Konaspi ini akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo, dan ditutup Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla,” terang Ganefri kepada media Sabtu (9/6) di ruang Pertemuan Rektor.

Selain itu, dalam acara Konaspi ini juga akan menghadirkan pembicara utama dari tokoh nasional seperti, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek dan Dikti, Mohamad Nasir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri, dan Ketua BPIP.

"Untuk ketua BPIP ini kita masih menunggu ketua baru, karena Bapak Yudi Latief mengundurkan. Jadi kita tunggu siapa penggantinya nanti," ujarnya.

Dalam konvensi tersebut akan dibahas tentang bagaimana menanamkan nilai-nilai Pancasila untuk menguatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan nantinya juga akan mengundang ahli pendidikan dari Finlandia dan Jepang yang akan memberikan konsep Leisure Study di Indonesia.

"Biasanya kita mengirim dosen kita ke Jepang untuk mempelajari tentang leisure study ini. Namun sekarang kita akan datangkan pakar dari sana. Konsep pendidikan ini cukup menarik dan mungkin dapat dilaksanakan di Indonesia,"  ujar Ganefri.

Konaspi sendiri merupakan kegiatan akbar yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali untuk membahas isu-isu terkini dalam suatu forum akademik bergengsi yang diikuti seluruh perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dan Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan. Dalam Konaspi ke - XI ini akan dihadiri oleh 3.000 peserta dari seluruh Indonesia. Dimana untuk peserta dari LPTK negeri dan swasta sebanyak 2.000 peserta dan peserta umum sebanyak 1.000 peserta.(h/isr)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM