Hindari Pakuak Mamakuak di Kawasan Wisata Pessel


Senin, 11 Juni 2018 - 16:08:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hindari Pakuak Mamakuak di Kawasan Wisata Pessel Bupati Hendrajoni bersama Sekda Pessel Erizon dan pihak terkait saat meninjau Tugu Ilyas Yacub Painan yang saat ini tengah direnovasi.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Menyambut musim libur lebaran, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan melakukan pengawasan intensif terhadap aksi pungutan liar (pungli) dan keamanan di sejumlah lokasi wisata daerah itu, sehingga wisatawan yang berkunjung merasa nyaman.

Hal itu disampaikan, Bupati Pessel Hendrajoni saat meninjau kawasan wisata pantai Carocok dan Tugu Ilyas Yacub, Painan. Sabtu (9/6). Ia berharap kepada masyarakat dan pelaku wisata bisa memberikan sambutan yang baik kepada setiap pengujung yang datang ke Pesisir Selatan.

"Jangan ada istilah pakuak mamakuak, jangan ada yang melalakukan pemerasan atau Pungli. Saya minta kepada seluruh masyarakat, utamakan keramahan dan senyum sapa. Sebab, itu yang akan membuat pengunjung senang dan betah di daerah kita," ujarnya.

Ia menegaskan, untuk mengantisipasi adanya aksi premanisme (Pungli) disejumlah kawasan wisata di daerah itu, pihaknya telah mengintruksikan pihak terkait untuk melakukan pengawasan secara esktra.

"Benar, Pol PP harus standby di sejumlah lokasi wisata yang ada. Jika ada temuan atau aksi premanisme agar segera ditindak tegas," katanya.

Sementara itu, Kasat Pol PP dan Damkar Pessel, Dailipal mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak terkait, guna meningkatkan pengawasan di daerah itu.

"Upaya yang kita lakukan saat ini hendaknya dapat meminimalisir tindakan pungli untuk mendukung keamanan dan ketertiban. Jadi, orang nyaman berwisata hingga kedepannya," ucapnya.

Lebih lanjut kata Dailipal, saat ini sejumlah personil sudah mulai disiagakan di sejumlah kawasan wisata, terutama di Pantai Carocok dan Mandeh. Ia berharap, lokasi wisata yang ada di Pesisir Selatan benar-benar bebas dari tindakan pungli oleh warga yang ada di sekitar lokasi, sehingga terjaga keamanannya.

"Selain pengamanan, petugas juga kita siagakan untuk menekan tindakan asusila, di mana kita menduga pada sejumlah kawasan wisata dijadikan tempat yang tak semestinya," tuturnya. (h/kis)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM