Leonardy: Madrasah Tidak Kalah dari Sekolah Umum 


Senin, 11 Juni 2018 - 20:09:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Leonardy: Madrasah Tidak Kalah dari  Sekolah Umum   Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa menyerahkan bantuan untuk Masjid Nurus Salam dalam bentuk uang tunai dan Alquran. IST

AGAM, HARIANHALUAN.COM Sekolah salah satu sarana untuk medapatkan ilmu bagi anak-anak. Apalagi, pendidikan formal yang diiringi dengan keagamaan seperti di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Tentu akan jauh lebih baik, mendapatkan ilmu agama dan juga ilmu umum.

“Untuk itu kita meminta kepada orangtua agar dapat memasukan anak untuk sekolah di madrasah tsanawiyah. Karena, di sana anak selain dapat pendidikan umum, tapi juga keagamaan,” kata anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa saat safari Ramadan ke Masjid Nurul Salam Sungai Taleh, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan Nagari Baringin, Kabupaten Agam, Sabtu (10/6).

Dikatakan Loe, saat ini pendidikan di madrasah tidak kalah bagus dengan sekolah umum. Selain dapat pendidikan umum, juga agama yang menjadi nilai tambah tersendiri untuk madrasah. “Contohnya, tadi saya lihat penampilan dari anak-anak madrasah tsanawiyah di Sungai Taleh ini mereka sangat bagus. Sangat menguasai bahasa Inggris, bahasa Arab dan pidato yang disampaikan juga sangat bagus. Itu membuktikan ilmu yang mereka dapatkan sangat baik dengan didik oleh guru profesional,” katanya.

Ia juga meminta kepada pihak pemerintah untuk memberikan perhatian lebih kepada madrasah yang selama ini mungkin masih sedikit kurang. Mulai dari segi guru, hingga ke sarana yang dimiliki oleh madrasah tersebut. “Salah satu caranya membantu dengan guru-guru yang telah ASN, atau setidaknya sebanding dengan yang honor,” kata Leonardy.

Jika kualitas guru meningkat. Maka, anak didiknya juga akan terbawa memiliki kualitas yang terbaik. Sehingga dengan adanya kualitas, mereka dapat bercita-cita untuk kuliah di luar negeri. Apalagi untuk dapat berkuliah di Al Azhar, Mesir. “Kita dorong anak-anak ini agar mereka dapat berkuliah di luar negeri. Apalagi itu di Al Azhar, Mesir. Saat ini jumlah mahasiswa Sumbar kuliah di sana juga cukup banyak. Saat ini, ada sekitar kurang lebih 350 yang berada di asrama mahasiswa di Mesir,” ujarnya.

Sementar Wali Jorong Sungai Taleh, Z Dt Gunuang Kayo menyambut kedatangan Leonardy yang merupakan anak orang Sungai Taleh. Tidak hanya itu, ia juga mencupakan terima kasih atas kunjungan itu. “Pak Leo ini adalah orang Sungai Taleh, jadi saat ini adalah pulang ke kampung ayahnya. Kita mengucapkan terima kasih kepada pak Leo yang telah datang,” katanya. (h/mg-hen)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM