Program Gratis BUMN, Pemudik Mentawai Mulai Diberangkatkan


Selasa,12 Juni 2018 - 00:35:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Program Gratis BUMN, Pemudik Mentawai Mulai Diberangkatkan LEPAS PEMUDIK - Wabup Mentawai dan petugas pengamanan mudik lebaran foto bersama di Pelabuhan Tuapejat usai melepaskan ratusan pemudik gratis. REDI

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake melepas ratusan pemudik yang mengikuti program mudik gratis bareng BUMN dengan menggunakan KM, Sabuk Nusantara 37 di Pelabuhan Tuapejat, Senin (11/6).

Wabup Kortanius mengatakan, dengan adanya program mudik  gratis yang diselenggarakan PT Semen Indonesia, PT Semen  Padang dan PT PELNI dengan menggunakan KM Sabuk Nusantara 37 tentu sangat membantu masyarakat Mentawai yang akan melakukan mudik lebaran ke Padang,

"Atas nama pemerintah daerah saya pengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui BUMN dan PT PELNI yang mengadakan  program mudik gratis untuk  masyarakat. Ini patut kita syukuri," ujar Kortanius

Selanjutnya Kortanius mengharapkan agar program mudik gratis itu dapat diadakan setiap tahun bukan hanya untuk pemudik di hari raya Idul Fitri, tapi juga untuk pemudik yang akan  merayakan hari Natal pada setiap bulan Desember.

Program mudik gratis dengan KM Sabuk Nusantara yang biasanya menerapkan tarif sebesar Rp125 ribu per penumpang dihari biasa itu disambut dengan suka cita oleh masyarakat Mentawai yang akan mudik lebaran ke Padang. Sejak malam dan dini hari tadi, Senin (11/6), ratusan warga sudah datang ke dermaga  Tuapejat. Seperti yang diungkapkan Neotri (43) warga Tuapejat. Dia sengaja datang ke Dermaga Tuapejat sejak malam demi menunggu kapal datang agar bisa mendaftar untuk mendapatkan tiket gratis.

"Saya sudah dari malam tadi ke dermaga soalnya takut kalau ga kebagian tiket," ujar Neotri sambil menunjukkan lembaran tiket gratis miliknya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Mentawai, Edi Sukarni memperkirakan jumlah penumpang KM Sabuk Nusantara melalui program mudik gratis sudah mencapai 700 orang. Namun jumlah itu menurutnya masih dalam batas kewajaran,

"Kalau kapal Sabuk Nusantara ini kan penumpang dihitung berdasarkan jumlah bed tidur yang ada, seluruh bed kalau gak salah ada 800 bed, jadi masih wajarlah," kata Edi.

Namun demikian Edi mengharapkan kepada masyarakat yang tidak kebagian tiket gratis tidak perlu kuatir, karena kapal untuk mudik lebaran masih tetap ada sampai hari Rabu (13/6). (h/mg-red)

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM