Gempa Guncang Kepulauan Mentawai, BMKG: Gempa Dangkal


Rabu,13 Juni 2018 - 10:15:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Gempa Guncang Kepulauan Mentawai, BMKG: Gempa Dangkal Screnshoot

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Gempa bumi (Tektonik) kembali mengguncang Kepulauan Mentawai, Rabu (13/6), 06.08.29 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,9. Hasil analisis update BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M= 5.8.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,0 LS dan 98,76 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km arah barat Kota Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat pada kedalaman 13 km.

Menurut Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, S.T., Dipl.Seis., M.Sc. dalam keterangan persnya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal.

Akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

Ia menambahkan, konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault),"ujarnya.

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Tua Pejat, Mentawai II SIG-BMKG (III-IV MMI) dan Padang I SIG-BMKG (II MMI).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami", ujar Rahmat.

Hingga pukul 06.52WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M = 5,5. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(h/rvo)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,13 Juni 2018 - 16:28:48 WIB

    Mentawai Diguncang Enam Kali Gempa Susulan

    Mentawai Diguncang Enam Kali Gempa Susulan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kepulauan Mentawai diguncang gempa tektonik pada, Rabu (13/6) 06.08.29 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5.9..
  • Jumat,06 April 2018 - 09:19:47 WIB

    Mentawai 11 Kali Diguncang Gempa, Badrul Mustafa: Ancaman Megatrush Mentawai Masih Besar

    Mentawai 11 Kali Diguncang Gempa, Badrul Mustafa: Ancaman Megatrush Mentawai Masih Besar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Padang Panjang mencatat selama Kamis (5/4), daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai telah 11 diguncang gempa dengan kekuatan yang beragam..
  • Selasa,13 Februari 2018 - 09:22:10 WIB

    Gempa Pessel Dipicu Aktivitas Subdusksi

    Gempa Pessel Dipicu Aktivitas Subdusksi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang menyatakan, gempa berkekuatan 4,6 skala Richter (SR) yang berpusat di Kabupaten Pesisir Selatan diduga akibat adanya aktivitas s.
  • Senin,12 Februari 2018 - 19:48:12 WIB

    Gempa 4,6 SR Guncang Pessel, Warga Surantih Panik

    Gempa 4,6 SR Guncang Pessel, Warga Surantih Panik PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tepatnya di sekitaran Pasar Surantih, Kecamatan Sutera, tampak kepanikan saat diguncang gempa magnitudo berkekuatan 4,6 SR, pada Senin (12/2).
  • Kamis,02 November 2017 - 17:31:03 WIB

    Gempar, Ada Peti Jenazah Mengapung di Danau Singkarak

    Gempar, Ada Peti Jenazah Mengapung di Danau Singkarak SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Warga Nagari Muaropingai Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok dibuat gempar dengan penemuan peti jenazah mengapung di Danau Singkarak, Rabu (1/11)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM