Gempa Guncang Kepulauan Mentawai, BMKG: Gempa Dangkal


Rabu, 13 Juni 2018 - 10:15:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Gempa Guncang Kepulauan Mentawai, BMKG: Gempa Dangkal Screnshoot

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Gempa bumi (Tektonik) kembali mengguncang Kepulauan Mentawai, Rabu (13/6), 06.08.29 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,9. Hasil analisis update BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M= 5.8.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,0 LS dan 98,76 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km arah barat Kota Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat pada kedalaman 13 km.

Menurut Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, S.T., Dipl.Seis., M.Sc. dalam keterangan persnya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal.

Akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

Ia menambahkan, konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault),"ujarnya.

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Tua Pejat, Mentawai II SIG-BMKG (III-IV MMI) dan Padang I SIG-BMKG (II MMI).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami", ujar Rahmat.

Hingga pukul 06.52WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M = 5,5. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(h/rvo)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Agustus 2018 - 09:37:36 WIB

    Pagi Ini, Lombok Diguncang Gempa Susulan 4,3 SR

    Pagi Ini, Lombok Diguncang Gempa Susulan  4,3 SR JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Lombok, Nusa Tengaran Barat (NTB)  kembali  diguncang Gempa. Senin pagi ini terjadi gempa susulan berkekuatan 4,3 SR..
  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 14:29:56 WIB

    Lombok NTB Diguncang Gempa 6,2 SR, Pengungsi Berhamburan

    Lombok NTB Diguncang Gempa 6,2 SR, Pengungsi Berhamburan JAKARTA, HARIANHALUAN-Pulau  Lombok, Nusa Tenggara Barat, kembali diguncang gempa  kuat, Kamis (9/8/2018) sekitar pukul 12.25 WIB. Banyak warga  termasuk korban gempa yang  ditampung di  tenda pengungsian, berhamburan be.
  • Rabu, 08 Agustus 2018 - 12:26:08 WIB

    Lombok Kembali Diguncang Gempa, Warga Berhamburan

    Lombok Kembali Diguncang Gempa, Warga Berhamburan LOMBOK,HARIANHALUAN.COM-Gempa bumi kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Bara. Warga berhamburan begitu gempa  berkekuatan 4,5 SR terjadi Rabu pagi, pukul 09.10 WITA. .
  • Selasa, 07 Agustus 2018 - 13:50:00 WIB

    Sering Gempa, Mall dan Hotel Siapkan Jalur Evakuasi

    Sering Gempa, Mall dan Hotel Siapkan Jalur Evakuasi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Meningkatnya peristiwa gempa yang terjadi di Indonesia pada beberapa waktu terakhir disikapi beberapa hotel dan mall dengan langkah-langkah antisipatisi. Hal tersebut untuk memberikan kenyamanan d.
  • Selasa, 07 Agustus 2018 - 10:52:25 WIB

    Korban Gempa Meninggal Saat Salat di Masjid

    Korban Gempa Meninggal  Saat Salat di Masjid Ketika gempa terjadi, para korban tengah menjalankan salat Isya. Namun, BNPB belum bisa menaksir jumlah korban yang terjebak..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM