Mentawai Diguncang Enam Kali Gempa Susulan


Rabu, 13 Juni 2018 - 16:28:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mentawai Diguncang Enam Kali Gempa Susulan Screnshoot

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kepulauan Mentawai diguncang gempa tektonik pada, Rabu (13/6) 06.08.29 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5.9.

Hasil analisis update BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,0 LS dan 98,76 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km arah barat Kota Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat pada kedalaman 13 km.

Menurut Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangan persnya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal.

Akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault).

"Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Tua Pejat, Mentawai II SIG- BMKG (III-IV MMI) dan Padang I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," tutur Rahmat.

Terjadi 6 kali gempa susulan

Hingga pukul 14.45 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 6 kali dengan kekuatan rincian :

  • pukul 06.46 WIB M=5.5
  • pukul 09.07 WIB M=5.6
  • pukul 09.34 WIB M=3.5
  • pukul 13.17 WIB M=3.4
  • pukul 13.59 WIB M=5.6
  • pukul 14.15 WIB M=4.1

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Desember 2018 - 09:24:22 WIB

    Terindikasi Tak Punya Izin, Material PT MAC Disegel Polres Mentawai

    Terindikasi Tak Punya Izin, Material PT MAC Disegel Polres Mentawai MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Polres Mentawai menertibakan dan memasang garis polisi atas ribuan ton stockpile material bangunan milik PT. Mega Asri Cemerlang (PT. MAC) di Simaobuk, Desa Goiso'Oinan, Kecamatan Sipora Utara, .
  • Jumat, 16 November 2018 - 09:50:46 WIB

    Kabupaten Mentawai Minta UU Kepulauan

    Kabupaten Mentawai Minta UU Kepulauan MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet minta agar ada UU tentang Kabupaten Kepulauan. Aspirasi tersebut disampaikan langsung kepada Anggota DPR dari Dapil Sumbar 1, Hermanto saat b.
  • Senin, 05 November 2018 - 16:40:05 WIB
    FESTIVAL PESONA MENTAWAI

    Panah Beracun Mentawai nan Melegenda

    Panah Beracun Mentawai nan Melegenda MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Panah beracun milik suku asli Mentawai menjadi buruan sejumlah kolektor. Panah yang dalam bahasa Mentawai dinamai Rou-rou digunakan tak sekadar untuk berburu, panahnya juga sebagai senjata membe.
  • Jumat, 26 Oktober 2018 - 11:22:02 WIB

    Kumpul Kebo, Mahasiswi di Mentawai Digerebek Kedua Kalinya

    Kumpul Kebo, Mahasiswi di Mentawai Digerebek Kedua Kalinya MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Seorang mahasiswi di Mentawai dengan inisial N (19) digerebek warga saat sedang sekamar dengan laki-laki berinisial JT (26) yang diketahui sudah memiliki istri. Pasangan ini digerebek di dalam k.
  • Senin, 22 Oktober 2018 - 21:47:46 WIB

    Dinkes Sumbar Beri Pelayanan ke Daerah Terpencil di Mentawai

    Dinkes Sumbar Beri Pelayanan ke Daerah Terpencil di Mentawai MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Sumbar bersama beberapa tenaga kesehatan memberikan pelayanan kesehatan untuk daerah-daerah terpencil di Pulau Sipora, Sioban dan Malepet Mentawai..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM