Mentawai Diguncang Enam Kali Gempa Susulan


Rabu, 13 Juni 2018 - 16:28:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mentawai Diguncang Enam Kali Gempa Susulan Screnshoot

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kepulauan Mentawai diguncang gempa tektonik pada, Rabu (13/6) 06.08.29 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5.9.

Hasil analisis update BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,0 LS dan 98,76 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km arah barat Kota Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat pada kedalaman 13 km.

Menurut Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangan persnya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal.

Akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault).

"Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Tua Pejat, Mentawai II SIG- BMKG (III-IV MMI) dan Padang I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," tutur Rahmat.

Terjadi 6 kali gempa susulan

Hingga pukul 14.45 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 6 kali dengan kekuatan rincian :

  • pukul 06.46 WIB M=5.5
  • pukul 09.07 WIB M=5.6
  • pukul 09.34 WIB M=3.5
  • pukul 13.17 WIB M=3.4
  • pukul 13.59 WIB M=5.6
  • pukul 14.15 WIB M=4.1

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Agustus 2018 - 11:32:01 WIB

    Jembatan Runtuh di Mentawai, Akses Putus Total

    Jembatan Runtuh di Mentawai, Akses Putus Total MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM – Runtuhnya jembatan Desa Nemnemleleu, Kecamatan Sipora Selatan, Mentawai, menjadi sinyalemen betapa mendesaknya perbaikan infrastruktur di daerah yang dicanangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (.
  • Rabu, 08 Agustus 2018 - 19:31:40 WIB

    Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Mentawai Gunakan Pesawat TNI AL

    Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Mentawai Gunakan Pesawat TNI AL MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Empat korban kapal Arung Samudra dengan lambung "Mama Muda 04" yang diselamatkan nelayan Sikakap dipulangkan ke Bengkulu menggunakan Pesawat Cassa TNI Angkatan Laut, Rabu (8/8)..
  • Selasa, 07 Agustus 2018 - 10:27:33 WIB

    Peipei Mentawai Direndam  Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

    Peipei Mentawai Direndam  Banjir, Ratusan Warga Mengungsi TUAPEJAT,HARIANHALUAN.COM— Peipei sebagai  Pusat Kecamatan Siberut Barat Daya (Sidebay), Kabupaten Kepuluan Mentawai, sejak Senin hingga Selasa dinihari, direndam banjir. Ratusan warga terpaksa  diungsikan..
  • Senin, 06 Agustus 2018 - 23:59:52 WIB

    Dua Kapal TNI AL Ikut Cari Korban KM Arung Samudera di Mentawai

    Dua Kapal TNI AL Ikut Cari Korban KM Arung Samudera di Mentawai TUAPEJAT, HARIANHALUAN.COM — Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian tujuh korban kapal nelayan KM Arung Samudra yang karam di perairan laut Timur Mentawai. Dan hingga saat ini belum mendapatkan titik terang..
  • Senin, 06 Agustus 2018 - 21:08:07 WIB

    Dihantam Badai KM Arung Samudra Karam di Mentawai, 3 Selamat 7 Belum Ditemukan 

    Dihantam Badai KM Arung Samudra Karam di Mentawai, 3 Selamat 7 Belum Ditemukan  MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Dihantam badai Kapal Bagan KM Arung Samudra dilaporkan karam di perairan Timur laut Mentawai, Minggu (05/8) 14.55 WIB. Tiga dari sepuluh orang nelayan telah ditentukan, sementara tujuh lainnya m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM