Salat Id di Masjid Jiran Saiyo Parak Gadang Dihadiri Pemudik dan Perantau


Jumat, 15 Juni 2018 - 13:34:04 WIB
Salat Id di Masjid Jiran Saiyo Parak Gadang Dihadiri Pemudik dan Perantau Suasana di Masjid Jiran Saiyo, jalan Parak Gadang IX, Kota Padang, berjalan hikmat dan penuh haru, Jumat (15/6). NOVITA


PADANG, HARIANHALUAN.COM– Pelaksanaan Salat Idul Fitri  1439 H di Masjid Jiran Saiyo, jalan Parak Gadang IX, Kota Padang, berjalan hikmat dan penuh haru, Jumat (15/6).

Tidak hanya masyarakat setempat saja yang ikut salat di masjid Jiran Saiyo tetapi juga para pemudik yang datang.

Bertindak sebagai imam di masjid tersebut, Ardiva Uska. Sementara sebagai khatibnya Erman Eddy MJ. 

Pengurus masjid Elvis, menyampaikan, masjid tersebut sudah direnovasi sejak tahun 2015  sampai sekarang.

Sementara untuk laporan keuangan pengurus masjid mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Parak Gadang yang mengantarkan pabukoan secara bergiliran ke masjid selama ramadan.

“Terima kasih kepada warga yang bergiliran mengantarkan pabukoan. Dan selamat datang kepada para pemudik serta para perantau,”ujarnya.

Dalam khutbahnya, Erman  menyampaikan, tema tentang kembali kepada fitrah yang insani. Setelah hari akhir nanti semua umat Islam akan bertanya tentang buku pahala yang mereka terima apakah dari tangan kanan atau tangan kiri.

Pertanyaan tersebut akan di tanyakan kepada lima nabi yang diprioritaskan oleh Allah SWT. Nabi Adam A.S, Nabi Ibrahim A.S, Nabi Musa A.S, Nabi Isa A.S dan Nabi Muhammad SAW. Ada tiga tanda cara Nabi membedakan umatnya dengan umat yang Nabi yang lain saat hari akhir nantinya.

“ Tanda pertama setiap umatku ada stempel dipunggung mereka yang bertulis lahaula walakuata illa billah. Tanda kedua berbekas pada keningnya, bekas tanda mereka melaksanakan salat. Tanda ketiga bercahaya pada muka, tangan dan kaki karena sentuhan air wudhu,” ucapnya.

Erman menyebutkan, Rasullah SAW mengatakan, ada dua tanda-tanda orang yang kembali kepada fitrahnya setelah satu bulan puasa. Tanda pertama tidak ada rasa dendam didalamnya dan saling memaafkan. Tanda kedua dilihat dari peningkatan ketaqwanna setelah satu bulan puasa.

”Mudah-mudahan kita semua mendapatkan piala citra dari Allah SWT atas puasa yang kita laksanakan sebulan penuh,"ujarnya.

Setelah melaksanakan solat Idul Fitri semua jamaah masjid Jiran Saiyo saling bersalaman dan saling memaafkan. Semua jamaah berbaur seperti keluarga.(h/mg-nsj)

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 09:56:48 WIB

    Ada Sosok Misterius Saat Salat Idulfitri, Wali Kota Bima Arya Beri Penjelasan

    Ada Sosok Misterius Saat Salat Idulfitri, Wali Kota Bima Arya Beri Penjelasan HARIANHALUAN.COM - Sosok misterius di belakang jamaah shalat Idul Fitri yang digelar Wali Kota Bogor Bima Arya, tertangkap kamera. Awalnya, warganet dibuat heboh dengan sosok itu yang muncul tiba-tiba di bawah tangga sebuah r.
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 16:14:41 WIB

    Infak Salat Idul Fitri di Sijunjung Terkumpul Rp27,54 Juta

    Infak Salat Idul Fitri di Sijunjung Terkumpul Rp27,54 Juta SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sijunjung mencatat infak dan sedekah pada salat Idul Fitri di lapangan Prof M Yamin Muaro Sijunjung sebesar Rp27.535.800..
  • Rabu, 05 Juni 2019 - 13:14:23 WIB

    Lapangan GOR Batu Batupang Becek, Salat Ied Dipindahkan ke Islamic Center

    Lapangan GOR Batu Batupang Becek, Salat Ied Dipindahkan ke Islamic Center AROSOKA< HARIANHALUAN.COM --Sedikitnya, sekitar seribuan kaum muslimin memadati mesjid Agung Nurul Mukhlishin komplek Islamic Centre Kabupaten Solok untuk melaksanakan sholat hari raya Idul Fitri 1Syawal 1440, Rabu (5/6). Pel.
  • Rabu, 05 Juni 2019 - 03:07:20 WIB

    Aa Gym Isi Ceramah Salat Ied di KBRI Bern Swiss

    Aa Gym Isi Ceramah Salat Ied di KBRI Bern Swiss JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menjadi penceramah salat Idul Fitri di Wisma Duta RI, Bern, Swiss. Dalam ceramahnya, Aa Gym mengajak masyarakat muslim Indonesia di Swiss untuk menjaga hati dan menjal.
  • Rabu, 05 Juni 2019 - 03:01:04 WIB

    33 Tahanan KPK Akan Salat Idul Fitri di Rutan Guntur

    33 Tahanan KPK Akan Salat Idul Fitri di Rutan Guntur JAKARTA, HARIANHALUAN.COM  - Sebanyak 33 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan difasilitasi untuk menjalankan Salat Idul Fitri 1440 Hijriah pada Rabu (5/6/2019) besok. Mereka akan salat di Rumah Tahanan Negara (Ru.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]