Tradisi Manambang yang Mulai Berkurang


Sabtu, 16 Juni 2018 - 20:51:18 WIB
Tradisi Manambang yang Mulai Berkurang Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Setiap kali lebaran, hal yang dinantikan anak-anak di Kota Padang dan umumnya di Sumatera Barat adalah tradisi manambang.

Tradisi ini hanya bisa ditemukan di lebaran Idul Fitri dan tidak ada di lebaran Idul Adha. Namun, saat ini tradisi tersebut sudah berkurang.

Yuni (29), warga Parak Pisang Kecamatan Padang Timur menyebutkan, saat lebaran sekarang ini jarang ditemui anak-anak pergi menambang seperti lebaran sebelum-belumnya Sabtu (16/6)

“Biasanya banyak anak-anak yang pergi manambang ke rumah tetapi sekarang hanya dua kelompok anak saja yang datang ke rumah. Mungkin sekarang ini tradisi menambang ini hampir punah karena anak-anak lebih banyak berkutik dengan telepon genggam,”, ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Tina, saat hari lebaran sekarang ini tidak beberapa anak-anak yang pergi menambang ke rumah walau sudah lebaran kedua.

“Tradisi menambang di hari lebaran ini kayaknya hampir hilang tidak seperti lebaran sebelumnya. Kalau dulunya banyak anak-anak yang pergi menambang dengan perpakaian baru sekarang mereka lebih suka main handphone di rumah dari pada pergi menambang. Contohnya seperti cucu saya yang duduk di kelas empat sekolah dasar lebih suka bermain handphone di rumah dari pada pergi manambang. Alasannya capek jalan kaki pergi manambang mendingan main handphone saja,” tuturnya.

Manambang merupakan kegiatan anak-anak yang pergi berombongan ke rumah warga di sekitar rumah mereka dan tempat lain untuk bersilaturahmi.

Kegiatan manambang itu dilakukan setelah melaksanakan salat Idul Fitri. Kegiatan manambang itu tanpa didampingi oleh orang tua mereka. Anak-anak itu mulai dari taman kanak-kanak sampai sekolah dasar.

Sesampainya mereka di rumah warga mereka memperkenalkan  diri jika mereka belum saling kenal. Setelah itu mereka disuruh masuk oleh pemilik rumah  dan dihidangkan kue lebaran serta minuman. Setelah mereka pamit, barulah pemilik rumah memberikan uang kepada mereka.
(h/mg-nsj)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM