Kecelaan Mudik, Puluhan Orang Tewas di Sumbar


Kamis, 21 Juni 2018 - 12:48:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kecelaan Mudik, Puluhan Orang Tewas di Sumbar Kecelakaan paling tragis terjadi di Kelok Jariang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Senin (18/6). ILHAM

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Hitungan Ditlantas Polda Sumbar, terjadi 107 kecelakaan hingga Rabu (20/6), atau H+5 Lebaran. Sebanyak 24 orang meregang nyawa. Belasan lainnya mengalami luka berat. Kecelakaan masih didominasi oleh kendaraan jenis roda dua.

Data yang dirilis Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata, selain 24 orang yang meninggal, sebanyak 11 orang mengalami luka berat. Untuk luka ringan jumlahnya 160 orang. “Memang ada 24 orang yang meninggal dunia selama Lebaran,” terang Singgamata, Rabu (20/6) siang.

Namun, jika dibandingkan tahun lalu, menurut Singgamata, terjadi penurunan yang signifikan. Tahun 2017, angka kecelakaan 157 kali dan menewaskan 41 orang, dengan korban luka berat 53 orang dan luka ringan 182 orang. "Jika dipersentasekan, penurunan korban meninggal 41 persen. Luka berat sampai 79 persen dari tahun sebelumnya dengan 53 orang luka berat,” papar Dirlantas.

Kecelakaan paling tragis terjadi di jalan penghubung Padang – Painan, persisnya di Kelok Jariang,  Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Senin (18/6). Minibus dengan 11 penumpang terjun ke dalam jurang sedalam 50 meter. Dua orang dinyatakan tewas, dan sembilan lainnya terluka. Selain dua yang meninggal, enam orang menderita luka parah, dua orang luka ringan, serta seorang anak berusia lima tahun selamat dan hanya mengalami luka gores di dagunya.

Rencananya, rombongan pemudik ini akan merayakan Lebaran di kampung halamannya, di Painan. Mereka berangkat dari Jakarta, Jumat siang (15/6). Peristiwa kecelakaan tersebut terjadi diduga akibat pengemudi mengantuk hingga kehilangan kendali saat tiba di lokasi kejadian.

Curamnya lokasi kecelakaan membuat proses evakuasi berjalan lamban. Petugas harus turun dengan tali, karena kemiringannya lebih dari 70 derajat. Seluruh proses evakuasi ini memakan waktu hingga tujuh jam. Akibat kecelakaan ini, Jalan Raya Padang Painan mengalami macet total hingga 15 kilometer, dan petugas memberlakukan sistem buka tutup saat proses evakuasi berlangsung. (Galuh Garmabrata)

Secara nasional, dari data yang dirilis Divisi Humas Mabes Polri, hingga H+4 lebaran, total ada 1.559 kecelakaan lalu lintas yang mayoritas terjadi di jalur darat. Tak hanya itu, kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama libur Lebaran tahun ini, menewaskan sebanyak 346 orang‎. Namun jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Tahun lalu, sebanyak 2.237 kecelakaan terjadi tahun 2017‎. Sedangkan pada tahun 2018, jumlah kecelakaan hanya berjumlah 1.559. Sementara korban meninggal akibat kecelakaan pada 2017 menelan jiwa sebanyak 865 orang.

Sedangkan pada tahun ini, jumlah korban meninggal akibat kecelakaan menurun dengan total 346 orang. Berdasarkan rincian di atas, kecelakaan lalu lintas pada tahun ini mengalami penurunan sebesar 30 persen dibanding tahun lalu. Sedangkan, korban meninggal dunia pada tahun ini mengalami penurunan 60 persen dibanding tahun lalu. "Adanya penurunan jumlah laka lantas selama operasi ketupat dari H-8 sampai dengan H+4 tahun 2017 dibandingkan tahun 2018," kata Kabag Pensat Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Yusri Yunus‎ dalam keterangan resminya, Rabu (20/6). (h/mg-mal)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM