Debat Publik  ke-3 Pilkada Padang,   Lumayan Seru


Jumat, 22 Juni 2018 - 08:50:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Debat Publik  ke-3 Pilkada Padang,   Lumayan Seru Debat Publik putaran ketiga Pilkada Kota Padang, lumayan seru dan  berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. YUHENDRA

PADANG, HARIANHALUAN.COM-KPU Padang menggelar debat publik putaran ketiga, Kamis malam. Debat yang lumayan seru ini, dipimpin oleh moderator Robi Leo, dengan mengusung tema menghadirkan pemerintah dalam pembangunan sosial dan budaya menuju Padang yang madani dan lestari.

Untuk mengupas tema tersebut, KPU menghadirkan panelis yaitu Profesor Sufyarma Marsidin dari UNP,  Profesor Afrizal dari Unand, Profesor Raudah Thaib dari Unand, Dr. Ikhwan Matondang dan Dr. Nurul Solihin dari UIN Imam Bonjol Padang.
Dalam debat, Emzalmi- Desri Ayunda mengatakan kondisi Padang  sangat memperhatinkan dilihat dari kenakalan remaja, pergaulan bebas hingga LGBT. "Untuk itu memang perlu dilakukan  pembangunan sumber daya manusianya. Tidak hanya membangun infrastruktur semata, memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak SD dan SMP dan menciptakan SLTP unggul secara kualitas di Kecamatan yang ada di Padang," kata Desri.

Sementara Paslon urut dua, Mahyeldi – Hendri Septa mengatakan, untuk menciptakan Padang madani dan lestari perlu diperhatikan agama dan pendidikan. Menguatkan pendidikan salah satu cara untuk menciptakan generasi yang memiliki ilmu pengetahuan yang bagus atau unggul. "Kita akan memberikan perhatian lebih kepada guru-guru, meningkatkan kualitasnya, dan kita juga akan lakukan Pemerataan penyebaran tenaga pengajar tersebut. Sehingga bisa menunjang menciptakan Sumbar daya manusia yang unggul. Tidak hanya itu," kata Hendri Septa.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menciptakan 500 ruang kelas baru, sehingga nantinya belajar hanya satu sif. Dengan demikian anak juga akan memiliki waktu yg banyak dengan keluarga. "Keluarga merupakan tempat belajar yang pertama bagi anak, jadi dengan adanya sekolah satu sif maka akan banyak waktu bagi anak dengan keluarga," kata Mahyeldi.
Selanjutnya, Mahyeldi menyebutkan langkah untuk menekan munculnya paham terorisme dan radikalisme di tengah-tengah masyarakat itu harus ditimbulkan rasa persatuan antar masyarakat. "Sebetulnya, bukan soal salah pemahaman agama yang menjadi timbulnya paham terorisme dan radikalisme. Tidal ada satu pun dari agama yang ada mengajarkan paham terorisme itu. Maka itu perlu dibangkitkan rasa nasionalisme pada tanah air," kata Mahyeldi.

Pantauan Haluan, debat Publik putaran ketiga ini lumayan seru dan  berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Mengawali debat kedua paslon diminta untuk berasalaman, juga para pendukung yang memenuhi ruangan yang disediakan oleh pelaksana juga terlihat tertib. (h/mg-hen)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Juni 2018 - 22:59:23 WIB

    Debat Terakhir, Hendri Arnis – Eko Furqoni Telat Datang

    Debat Terakhir, Hendri Arnis – Eko Furqoni Telat Datang Sesuai undangan, debat publik seharusnya dimulai pukul 20.00 WIB. Tiga pasangan calon sudah datang sesaat sebelum debat dimulai. Namun, Hendri Arnis – Eko Furqani tak nampak. Kursi yang semestinya mereka duduki kosong sekit.
  • Selasa, 12 Juni 2018 - 20:24:24 WIB

    Debat Kandidat Kedua Pilkada Sawahlunto Dijadwalkan 23 Juni 2018

    Debat Kandidat Kedua Pilkada Sawahlunto Dijadwalkan 23 Juni 2018 SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM--Debat kandidat kedua pemilihan walikota dan wakil walikota Sawahlunto akan digelar pada 23 Juni 2018 di Hall Ombilin setempat. .
  • Selasa, 08 Mei 2018 - 11:31:25 WIB

    Debat Pilkada Padang Berlangsung Alot

    Debat Pilkada Padang Berlangsung Alot PADANG, HARIANHALUAN.COM – Debat publik pertama Pilkada Padang yang berlangsung di Mercure Hotel, Senin (7/5) malam berlangsung panas. Dua pasangan calon (Paslon) saling lempar pertanyaan dan pernyataan. Suasana kian panas.
  • Jumat, 27 April 2018 - 23:25:03 WIB

    Debat Pilkada Padang Panjang, Hendri Arnis Datang Terlambat

    Debat Pilkada Padang Panjang, Hendri Arnis Datang Terlambat Informasi yang diterima Haluan, Hendri Arnis baru datang sekitar pukul 20.30 WIB, persisnya ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Padahal, sesuai undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta seluruh paslon untuk datang s.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM