Viral di Medsos, Inilah Penampakan Bukik Baka Kamang Magek


Jumat, 22 Juni 2018 - 09:37:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Viral di Medsos, Inilah Penampakan Bukik Baka Kamang Magek Objek wisata Bukik Baka Kamang Magek. KASRA SCORVI
HARIANHALUAN.COM-Ternyata negeri perjuangan Kamang dan sekitarnya memiliki sejumlah objek wisata menarik, seperti Ngalau Kamang, kolam Tirta Sari, danau mini Tarusan, terakhir yang baru dirintis objek wisata Bukik Baka di  Jorong Guguak Rang Pisang, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek.

Laporan: Kasra Scorvi
 
Kendati dibuka beberapa bulan lalu, Bukik Baka mendapat kunjungan ramai wisatawan pada musim lebaran Idul Fitri 1439 H tahun ini. "Sekitar 4 ribu pengunjung menikmati keindahan objek wisata ini, tak disangka akan seramai itu dan makin viral di media sosial"ungkap camat Kamang Magek, Harmezi.
Bukik Baka merupakan bukit cadas yang dari puncaknya dapat disaksikan pemandangan alam mempesona. Dari sini dapat disaksikan kota Bukittinggi dengan jelas serta kawasan dataran Tinggi Agam.
 
Yang menarik lagi pada bukit ini, didindingnya yang menghadap ke kolam berjejer batu-batu menjulang menggambarkan lukisan abstrak sejumlah tugu. Di sekitar bukit masih terdapat pohon-pohon tinggi dengan satwa aneka burung yang menimbulkan suasana sejuk dan nyaman.
Di kaki Bukik Baka terdapat dua kolam yang disebut Luak Gadang. Di situ disediakan sampan oleh pemuda setempat untuk bersantai di atas air kolam. Sewanya tidak maha-mahal hanya Rp 5 ribu saja.
 
Memasuki objek wisata ini pengunjung tidak dikenakan bayaran masuk maupun biaya parkir, hanya saja kalau mau menyumbang untuk biaya pembersihan lokasi silakan masukan uang sumbangan ke dalam kotak yang disediakan seberapa maunya.
Menuju objek wisata Bukik Baka dapat ditempuh melalui pintu masuk dari Baso, Biaro,Tanjung Alam, maupun Simpang Kapau. Tapi yang jelas tuju saja terlebih dahulu Magek, letak Bukik Baka tidak jauh dari situ, kalau ditanya dimana Bukik Baka warga setempat akan menunjukan. Jalan sampai ke lokasi cukup mulus.
 
Keberadaan objek wisata Bukik Baka memberi berkah bagi masyarakat sekitarnya, terutama bagi mereka yang berjualan kuliner.
"Pada musim lebaran omset pedagang makanan bisa mencapai Rp.2 juta hingga Rp.2,5 juta per hari, sementara pada hari biasa sekitar Rp.400.000 hingga Rp500.000 per hari, ya lumayanlah!" Sebut camat Harmezi.
Namun agar masyarakat lebih banyak mendulang rezeki fasilitas wisata di sini masih perlu dikembangkan.
 
Selain Bukik Baka, Kamang Magek juga memiliki objek wisata danau mini Tarusan. Lokasinya tidak begitu jauh dari Bukik Baka. Danau itu memiliki keunikan tersendiri, diman airnya bisa kering dan naik suatu waktu. Pada musim lebaran tahun ini air Tarusan lagi sedang kering, sehingga sepi dari pengunjung. (*)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM