Jon Mathias, Perantau Asal Solsel Ini Punya Gagasan Tingkatkan PAD


Rabu, 27 Juni 2018 - 11:34:16 WIB
Jon Mathias, Perantau Asal Solsel Ini Punya Gagasan Tingkatkan PAD Jon Mathias

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Jon Mathias seorang advokat dan perantau asal Solok Selatan (Solsel) mempunyai gagasan untuk mendorong pemerintah daerah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor tambang legal.

Gagasan itu melalui pengelolaan Perusahan Daerah (Perusda). Pasalnya, Solsel memiliki sumber daya alam (SDA) sektor pertambangan, terutama bahan baku logam.Hal itu diungkapkan Jon Mathias kepada Haluan, Rabu (26/6).

Menurutnya, jika seluruh pertambangan dikelola oleh Perusda dengan melibatkan investor, maka menjadi pendapatan daerah dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Tentunya, aspek lingkungan lebih terjaga karena melalui mekanisme kajian dampak lingkungan. Jika dibandingkan dengan sistem pertambangan ilegal yang bisa merusak lingkungan. Selain itu, masyarakat yang menggantungkan hidup dengan melakoni pekerjaan ini juga bisa lebih terjamin, baik segi keselamatan kerja dan jaminan kesehatan sesuai undang-undang ketenagakerjaan. Masyarakat tetap diakomodir," tuturnya.

Jon menambahkan, banyak sumber-sumber pendapatan yang bisa didapatkan jika pertambangan dikelola secara legal.

"Contohnya, jika emas di Solsel bisa dikeluarkan sekitar 50 kilogram/hari. Pajak royalti 2,5 persen unt pemkab Solsel dan 2,5 untuk daerah lain di provinsi Sumbar, 1 persen untuk provinsi dan 4 persen untuk pemerintah pusat. Kemudian, CSR langsung ke warga lokasi proyek," katanya mencontohkan.

Untuk Perusda yang akan mengelola, katanya pemkab Solsel buat peraturan daerah tentang izin prinsip pertambangan.

"Setelah Perusda memiliki ijin baru undang investor untuk menanamkan modal. Nah, izin keluar baru masuk tahap eksplorasi. Jadi, yang punya izin Perusda, baru investor sebagai pengelola. Apabila sudah demikian para investor tidak ragu-ragu dalam berinvestasi karena sudah jelas izin dari Perusda. PAD dapat, lapangan kerja dapat, produksi jalan dan masyarakat makmur," tuturnya.

Menanggapi itu, Bupati Solsel H. Muzni Zakaria mengatakan untuk legalitas pertambangan di Solsel memang suatu yang diharapkan.

"Nanti, konsorsium dengan Perusda sehingga ada pemasukan PAD. Intinya, memang dari dulu kita mengharapkan tambang yang legal. Akan tetapi belum tercapai disebabkan izin ditingkat pemerintah pusat terlalu lama. Kita ingin, bagaimana pemerintah pusat mempercepat birokrasi perizinan supaya potensi atau kekayaan daerah bisa dikelola. Dimanfaatkan untuk daerah, pemerintah pusat, semuanya bisa memanfaatkan itu. Daripada kita biarkan saja," tutur Muzni pada Haluan.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM