Gelar MSF, PLN Dukung Pergerakan Investasi di Sumbar


Jumat, 29 Juni 2018 - 10:06:09 WIB
Gelar MSF, PLN Dukung Pergerakan Investasi di Sumbar PLN Wilayah Sumbar menggelar acara Multi Stakeholder Forum (MSF), Kamis (28/6).

PADANG,HARIANHALUAN.COM – Dalam rangka mempererat hubungan baik dengan stakeholder, PLN Wilayah Sumbar menggelar acara Multi Stakeholder Forum (MSF), Kamis (28/6).  Acara yang bertemakan "Kemudahan Mendapatkan Listrik untuk Mendukung Investasi di Provinsi Sumatera Barat", berlangsung di Hotel Grand Inna Muara.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Republik Indonesia, Dr Ir Hendra Iswahyudi turut hadir bersama Kepala Divisi Pengembangan PT PLN (Persero) Regional Sumatera, Budi Pangestu, Kadis ESDM Sumbar Heri Martinus, Kajati Sumbar Priyanto, Kepala Pusat Studi Energi Unand dan Guru Besar Teknik Elektro UNAND, Prof Ir Refdinal Nazir, Phd. Para pelanggan premium maupun calon pelanggan premium PLN juga mengikuti acara bersama General Manager PLN Wilayah Sumbar Susiana Mutia beserta seluruh jajaran manajemen PLN Wilayah Sumbar.

Acara MSF ini merupakan bukti keseriusan PLN Wilayah Sumbar dalam mendukung peningkatan pembangunan serta perekonomian daerah khususnya dalam hal pemenuhan energi listrik untuk calon investor.  Dalam acara tersebut PLN menampung setiap saran dan informasi apapun yang bermanfaat untuk perbaikan kinerja dan pelayanan PLN ke depan.

General Manager PLN Wilayah Sumbar, Susiana Mutia, mengungkapkan bahwa PLN Wilayah Sumbar saat ini dalam kondisi sangat siap untuk menyediakan listrik bagi investor yang berminat untuk berinvestasi di Sumatera Barat. "Saat ini kondisi kelistrikan di Sumatera Barat andal tanpa ada kendala apapun dengan beban puncak sebesar 582,9 MW dan kapasitas pembangkit 677,7 MW. Sehingga saat ini Sumbar memiliki kelebihan daya 95 MW. Dengan kondisi kelistrikan yang demikian maka sangat memungkinkan untuk menerima sebanyak mungkin investor yang ingin berinvestasi di Sumbar," ujar Susiana Mutia.

Ia juga mengungkapkan, kesiapan PLN dalam memberikan kemudahan mendapatkan listrik bagi pelanggan merupakan bentuk dukungan penuh PLN dalam menyukseskan program pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Provinsi Sumbar.

Acara MSF diisi dengan kegiatan Talkshow dan diskusi yang dimoderatori oleh Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus dengan narasumber yang berasal dari tenaga ahli, praktisi dan akademisi seperti Kepala Dinas ESDM Sumbar, Kepala Kejati Sumbar, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan ESDM, Divisi Pengembangan Kelistrikan PT PLN (Persero)Regional Sumatera dan Kepala Pusat Studi Energi Unand dan guru besar teknik elektro Unand.

Kepala Dinas ESDM Sumbar, Heri Martinus, menyebutkan bahwa semakin andalnya kondisi kelistrikan Sumbar yang diberikan oleh PLN, akan berbanding lurus dengan peningkatan investasi dan perekonomian di Sumbar. “Pemerintah daerah sangat mendukung langkah yang dilakukan PLN dalam hal melistriki negeri. Dukungan tersebut salah satunya terwujud dalam bentuk kemudahan perizinan bagi para investor, yang saat ini telah sejalan dengan pemerintah pusat, yaitu bersistem satu pintu yang didelegasikan ke dinas terkait. Intinya dalam hal investasi, berbagai kemudahan akan diberikan oleh Pemprov,” ujarnya.

 

Selain itu beliau juga menjelaskan perihal keinginan Pemerintah agar pasokan listrik untuk daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) jadi prioritas agar mempercepat berbagai hal perkembangan perekonomian masyarakat. Di Sumbar sendiri saat ini terdapat tiga daerah yang masih 3T, yakni Pasaman Barat, Kepulauan Mentawai dan Solok Selatan.

Diskusi tersebut berujung pada kesimpulan bahwa infrastruktur ketenagalistrikan di Sumbar berada dalam kondisi pasokan andal dan berkecukupan sehingga sangat kondusif bagi pengembangan investasi di Sumbar.  Kondisi tersebut akan lebih bagus lagi bila antara pihak-pihak terkait saling mendukung dan mengapresiasi tekad dan kesiapan PLN meningkatkan pembangunan daerah melalui kemudahan listrik bagi investor di Sumbar.

Pada penghujung acara, dilakukan penandatanganan kontrak kerjasama PLN Wilayah Sumbar dengan 12 Pelanggan Premium baru. Dengan demikian maka semakin bertambahnya pelanggan premium PLN wilayah Sumbar, yang menunjukkan bahwa PLN semakin dipercaya oleh masyarakat dalam menyediakan tenaga listrik yang lebih baik.

Dengan suksesnya acara MSF ini PLN berharap dapat terus membina hubungan baik serta mendapatkan dukungan seluruh stakeholder sehingga nantinya segala kebutuhan masyarakat dan pengusaha terhadap listrik sudah bisa dipenuhi oleh PLN. (h/rel/dn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 April 2020 - 11:02:49 WIB

    Dunia Lagi Diteror Corona, Selebgram di Medan Gelar Ultah Mewah di Hotel

    Dunia Lagi Diteror Corona, Selebgram di Medan Gelar Ultah Mewah di Hotel MEDAN, HARIANHALUAN.COM - Sebagian masyarakat tampaknya masih acuh dengan seruan pemerintah terkait larangan berkerumun dan keluyuran keluar rumah selama ada pandemi Corona (Covid-19)..
  • Kamis, 09 April 2020 - 17:13:26 WIB

    Peringati Hari Jadi, Bawaslu Agam Gelar Aksi Solidaritas 

    Peringati Hari Jadi, Bawaslu Agam Gelar Aksi Solidaritas  AGAM,HARIANHALUAN.COM-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memasuki usia ke-12 Tahun. Hari Ulang Tahun Bawaslu yang dirayakan setiap tanggal 9 April, pada tahun ini menjadi istimewa. Bawaslu merayakan hari jadi ditengah wabah pand.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 13:32:07 WIB

    Pegawai RSUD Pagelaran Cianjur Curi 40 Dus Masker

    Pegawai RSUD Pagelaran Cianjur Curi 40 Dus Masker JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Polres Cianjur membongkar kasus pencurian 40 dus masker di RSUD Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat yang melibatkan empat orang tersangka pada Kamis (26/3)..
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 10:23:39 WIB

    Nekat Gelar Pernikahan di Tengah Wabah Corona, 37 Tamu Kena COVID-19

    Nekat Gelar Pernikahan di Tengah Wabah Corona, 37 Tamu Kena COVID-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus Corona benar-benar tak pandang bulu. Siapapun dan di manapun bisa saja terinfeksi virus tersebut ketika terkena paparan cairan dari mulut orang yang terinfeksi Corona. Virus Corona ini penyeb.
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 18:35:46 WIB

    Geladiresik Sukses, Pemkab Gelar Pasbar Maapam Kamis Besok

    Geladiresik Sukses, Pemkab Gelar  Pasbar Maapam Kamis Besok PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM-- Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) lakukan kegiatan Gladi Resik acara Pasbar Maapam yang akan digelar Kamis (12/3/2020) dalam rangka melestarikan budaya daerah dan memecahkan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]