Sempat Dipakai 1 Tahun, SMAN 1 Kota Solok Kembalikan Aset Gedung YPNC


Jumat, 29 Juni 2018 - 17:13:33 WIB
Sempat Dipakai 1 Tahun, SMAN 1 Kota Solok Kembalikan Aset Gedung YPNC Lokal Jauh--Gedung berlantai 3 milik YPNC yang dimanfaatkan secara gratis untuk lokal jauh kelas X SMAN 1 Solok. Gedung ini kini dikembalikan ke pihak YPNC, karena Dinas Pendidikan Sumbar meminta untuk pelaksanaan pendidikan SMA harus terintegrasi di 1 lokasi. YUTISWANDI

SOLOK, HARIANHALUAN.COM---Menyusul terbitnya edaran dinas pendidikan provinsi Sumbar yang tidak membolehkan adanya lokal jauh pada satu SMA, pihak SMAN 1 Kota Solok terpaksa harus menyerahkan kembali gedung yang dipinjamkan oleh Yayasan Pendidikan Nusantara Cipta (YPNC), yang sebelumnya dipakai sebagai ruangan belajar kelas jauh SMA favorit di Kota Solok itu.

Kepala SMAN 1 Kota Solok Drs. H. Delfion MM kepada Haluan menyebutkan, keputusan pemulangan asset gedung berlantai 3 di tepi jalan Bypass kelurahan KTK itu diambil, seiring dengan telah selesainya ujian semester kelas X yang sebelumnya memanfaatkan gedung itu sebagai lokal jauh.

"Pada imbauan dinas pendidikan itu, setiap lokal belajar harus terintegrasi di satu tempat, untuk memudahkan pelaksanaan proses belajar mengajar," kata Delfion di Solok, Jum'at (29/6).

Sebelumnya, SMA negeri 1 Kota Solok sebagai salah satu sekolah favorit di kota kecil itu, nyaris tak mampu lagi menampung tingginya  minat masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah itu. Pada tahun ajaran 2017/ 2018, hampir 200 lebih siswa kelas X nyaris tidak kebagian lokal, karena keterbatasan sarana ruang belajar yang dimiliki sekolah. Kondisi inipun memaksa pihak sekolah mencari gedung yang memadai untuk menjadi tempat bagi para siswa mendapatkan pendidikan yang layak.

Gayung bersambut, keluhan para guru dan orang tua siswa itupun memantik kepedulian  senator DPD RI asal sumbar yang merupakan putra Solok untuk turut andil dalam memajukan pendidikan di daerah itu. Gedung tiga lantai yang semula akan dikembangkan sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) oleh Yayasan Pendidikan Nusantara Citra (YPNC) itu, dipinjamkan untuk menjadi ruang belajar bagi siswa kelas X tanpa sewa (gratis)  hingga waktu yang dibutuhkan oleh pihak sekolah. 

Gedung itu menjadi lebih menarik karena disamping kanannya berdiri masjid Raya KTK, sehingga sejalan dengan upaya pembangunan generasi yang berakhlak yang diusung sekolah itu. " Kalau tidak dipinjamkan oleh pak NC (sapaan Nofi Candra) mungkin 1 generasi SMAN 1 Solok akan terputus. Karena tidak boleh memberlakukan sekolah 2 shift," ujarnya.

Kini untuk mengatasi  kelebihan siswa di sekolah itu pada tahun ini, pada tahun ini pihak sekolah mensiasati dengan memanfaatkan sejumlah ruangan yang sebelumnya dimanfaatkan untuk fasilitas lain seperti labor.

"Tahun ini kita menerima 10 rombongan belajar dan kita terpaksa memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah," ucapnya.

Meski telah memulangkan asset gedung milik YPNC dan  menarik mobiler yang ada di gedung tersebut, namun pihak SMAN 1 masih berharap kepada YPNC milik senator Nofi Candra untuk bermurah hati meminjamkan gedungnya, jika nanti dibutuhkan.

"Kami dari pihak sekolah sangat terharu dengan uluran tangan pak NC terhadap kemajuan pendidikan di Kota Solok. Kami dari pihak sekolah dan Komite berharap jika nanti dibutuhkan, beliau mau bermurah hati meminjamkan gedungnya kembali," kata Delfion.

Terhadap harapan itu, Senator Nofi Candra mengaku sejak awal pihaknya bersama yayasan memang telah mempersiapkan gedung itu untuk digunakan sebagai sarana pendidikan. Meskipun dengan meminjamkan gedung tersebut, pihaknya harus menahan obsesinya untuk mendirikan sekolah tinggi, namun hal itu tidak mengganggu upayanya untuk melanjutkan niatnya mengabdikan diri untuk kemajuan pendidikan di kota beras itu.

"Kita sangat terbuka, apalagi untuk dimanfaatkan demi kemajuan pendidikan di daerah ini. Semoga ini menjadi ladang amal dan ladang pengabdian bagi saya untuk daerah ini," kata Nofi. (h/ndi)

 

 

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM