4-17 Juli,  KPU Pasaman Buka Pendaftaran Bakal Caleg 


Senin, 02 Juli 2018 - 12:38:52 WIB
4-17 Juli,  KPU Pasaman Buka Pendaftaran Bakal Caleg  Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Rodi Andermi, SH

PASAMAN,HARIANHALUAN.COM-KPU Kabupaten Pasaman umumkan ketentuan pengajuan bakal calon legislatif (bacaleg) kepada Partai Politik untuk pemilihan umum legislatif 2019.  

Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi mengatakan  waktu pengajuan bakal caleg selama 14 hari ke depan, terhitung mulai 4 hingga 17 Juli 2018. "Hari pertama hingga hari ke-13 pengajuan dilakukan mulai pukul 8:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB. Sedangkan di hari terakhir, yaitu pada hari ke-14 dilakukan mulai pukul 8:00 WIB hingga pukul 24:00 WIB," kata pria yang akrab disapa Datuk ini kepeda harianhalan.com  Senin (2/7). 

Rodi mengatakan, pengajuan bakal calon oleh partai politik hanya dilakukan satu kali pada masa pengajuan. Parpol, wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang sudah disiapkan oleh KPU. "Parpol sudah diberikan akses mengisi calon-calon yang akan dimajukan ke dalam Silon dari 4 Juni sampai 17 Juli 2018. Untuk itu,  peserta pemilu diminta tidak menunda pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) di sistem informasi calon Pemilu 2019," ujarny.

Diharapkan  para caleg yang mendaftar di tingkat manapun dapat mengikuti seluruh ketentuan yang ada. Sehingga PKPU Nomor 20 Tahun 2018 yang disahkan 29 Juni 2018 kemarin, dapat dijadikan rujukan. "KPU akan mewajibkan calon anggota legislatif Pemilu 2019 untuk mendaftarkan diri melalui Silon. Silon dimaksudkan untuk mempermudah pengecekan adanya kegandaan data. Nantinya caleg hanya boleh mendaftarkan diri di satu daerah dan melalui satu partai politik peserta pemilu," ungkap Rodi. 

Menurut Rodi, melalui Silon masyarakat akan mendapatkan informasi terkait data caleg yang akan dipilih. Salah satu data yang akan ditampilkan dalam Silon yaitu foto, pengalaman organisasi, hingga riwayat pendidikan. 

Ia  menambahkan, informasi lebih lanjut tentang tata cara pengajuan bakal calon anggota DPRD tersebut dapat dilihat di website KPU di www.kab-pasaman.kpu.go.id, atau bisa mendatangi langsung helpdesk KPU Kabupaten Pasaman di Jalan A. Yani No. 13A Lubuk Sikaping atau menghubungi nomor telepon (0753) 20205. (yud)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]