400 Angkot di Padang Bakal Disulap jadi Angkutan Lingkungan


Rabu, 04 Juli 2018 - 13:54:40 WIB
400 Angkot di Padang Bakal Disulap jadi Angkutan Lingkungan Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COMRealisasi pengadaan angkutan jalan lingkungan di Kota Padang masih menunggu peraturan wali kota (perwako). Dari 2.226 angkutan kota (angkot) yang beroperasi saat ini, 400 di antaranya akan disulap jadi angkutan lingkungan roda tiga dan roda empat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Dedi Henidal, kepada Haluan, Selasa (3/7). Ia mengatakan, rencana pengadaan angkutan lingkungan akan diupayakan terealisasi tahun ini.

"Masih menunggu perwako selesai. Trayeknya hanya di lingkungan, sebagai penyambung ke angkutan massal di jalan utama,” kata Dedi.

Dedi mengatakan, setiap angkot boleh memilih trayek jalan lingkungan yang diinginkan untuk beroperasi. Setelah perwako keluar, pihaknya akan membahas teknis pelaksanaan bersama pengusaha angkutan yang terlibat.

"Sejauh ini pengusaha angkot semangat dengan rencana perubahan yang dilakukan. Asal tidak menghalangi mereka dalam mencari nafkah. Kami juga harus dengarkan keinginan mereka. Jika masuk akal dan tercapai mufakat, maka semua akan berjalan mulus," katanya lagi.

Jalan lingkungan adalah, rute yang saat ini tidak dilewati oleh angkutan kota. Seperti contoh, kawasan Ulak Karang-Jalan Bunda (Kampus I UBH) yang dulu dilewati oleh mobil "cigak baruak".

Sementara itu, perencanaan penambahan koridor untuk angkutan massal masih belum jelas. Pemerintah masih meraba-raba bagaimana teknisnya yang dapat mengakomodir kebutuhan konsumen dan pengusaha angkutan.

"Kami selesaikan satu per satu dulu. Angkutan massal butuh banyak armada. Sedangkan penambahan armada masih belum jelas titik terangnya. Jika satu per satu sudah jalan, maka angkutan massal dengan mudah mengikut," ujar Dedi. (h/win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 21:14:29 WIB

    Pipa DN 400 HDPE di Simpang Tampat Lumin Bocor, Sejumlah Daerah Terganggu

    Pipa DN 400 HDPE di Simpang Tampat Lumin Bocor, Sejumlah Daerah Terganggu HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang mengumuman agar masyarakat berhemat air bersih. Pasalnya, ada perbaikan kebocoran pipa dengan distribusi DN 400 HDPE di Simpang Tampat Lumni pada Kamis.
  • Rabu, 25 April 2018 - 11:08:30 WIB

    Direncanakan 400 Unit, Pemko Padang Siapkan Angkutan Lingkungan

    Direncanakan 400 Unit, Pemko Padang Siapkan Angkutan Lingkungan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 2.226 angkutan kota (angkot) rencananya akan dialihkan ke angkutan massal dan angkutan lingkungan..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:48:34 WIB
    LOKAKARYA PROGRAM KKN-PPM

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH PADANG, HALUAN--Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengelenggarkan Workshop Rancangan Program KKN-PPM oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2018. Kegiatan ini ber.
  • Jumat, 22 Desember 2017 - 13:38:08 WIB

    Blangko Disdukcapil Padang Terbatas, Sehari Cuma Cetak 300-400 eKTP

    Blangko Disdukcapil Padang Terbatas, Sehari Cuma Cetak 300-400 eKTP PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemohon Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) masih diberikan surat keterangan (Suket) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang. Hal ini, membuat sebagaian pemohon me.
  • Kamis, 10 November 2016 - 01:09:31 WIB
    TARGET LIMA TAHUN

    2.400 Gerai Minang Mart di Sumbar

    PADANG, HA­LUAN — Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan me­nga­takan, saat ini ada sekitar 2.371 nasa­bah Bank Nagari yang bergerak di bi­dang ritel/perda­ga­ngan yang siap untuk bermigrasi ke konsep Minang Mart..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]