PEDAGANG PANTAI PADANG BALIK KE PUJASERA

Kembali ke Trotoar, Pidana Menanti


Kamis, 05 Juli 2018 - 13:17:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kembali ke Trotoar, Pidana Menanti Sejak empat tahun terakhir Pantai Padang sudah rancak

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Belasan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang trotoar Pantai Padang sudah kembali menggelar dagangan di tempat yang ditentukan. Bagi PKL yang nekat kembali berdagang di sepanjang trotoar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang mengaku tak segan untuk memidanakan.

Kepala Disparbud Kota Padang, Medi Iswandi, kepada Haluan mengatakan, pihaknya telah melakukan penertiban terhadap pedagang “nakal” pada Selasa 3 Juli lalu. Pantauan Haluan, Rabu (4/7), memang tampak trotoar pantai sudah kosong dari aktivitas berdagang sehingga pejalan kaki memiliki akses jalan yang cukup.

“Penertiban sudah dilakukan. Syukurnya selama penertiban tidak ada perlawanan. Ada beberapa yang tidak bersedia pindah ke pujasera, lapak dagangannya diangkut ke markas Satpol PP. Patut diingat, bagi yang kembali berdagang di trotoar akan kami pidanakan. Aturan ini tidak main-main," tutur Medi.

Dengan telah tertibnya aktivitas perdagangan di Pantai Padang pascalebaran, Medi pun mengimbau para pengunjung pantai untuk kembali singgah ke pusat jajanan serba ada (pujasera) yang tersedia untuk menyicipi ragam makanan dan minuman yang dijual pedagang.

"Harga makanan dan minuman di pujasera terjangkau, dan cenderung lengkap menunya. Kami harap pengunjung pantai yang ingin bersantai, bisa makan dan minum di sana. Pedagang pun telah kami minta untuk memberi pelayanan yang baik," kata Medi.

Terkait harga yang terjangkau, Komisi I DPRD Kota Padang mengapresiasi langkah Disparbud Kota Padang yang membuat edaran kepada para pedagang di sepanjang Pantai Padang untuk mencantumkan daftar harga menu yang dijajakan.

Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Azirwan, menyebutkan bahwa langkah yang ditempuh tersebut erat kaitannya dengan kepuasan bagi para pengunjung lokasi pariwisata Pantai Padang. Ia pun mengimbau para pedagang untuk mempertahankan sikap memasang label harga pada di masing-masing tempat usaha.

Jika ada pedagang membandel, maka sanksi bagi mereka siap diberikan. Akan diproses tanpa pikir panjang demi mewujudkan kenyamanan bagi pengunjung pantai. Kami imbau pedagang agar  terus mematuhi aturan itu sehingga persoalan ini tidak kembali menjadi sorotan publik,” kata Azirwan.

Di sisi lain, Kepala Pedagang Pantai Muaro Lasak, Ujang (45), mengatakan bahwa aturan ini sangat bagus untuk diterapkan guna menghindari pemalakan pada pengunjung, serta terwujudnya keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung pantai.

Kami  apresiasi,  dengan  penerapan daftar harga bagi pedagang yang dibuat Disbudpar ini. Pengunjung yang merasa dirugikan harus melapor sehingga pedagang nakal bisa diproses,” ujarnya. (h/win/ade).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 Juli 2018 - 10:27:26 WIB

    Kota Padang Kembali Masuk Nominasi Pemenang IAA 2018

    Kota Padang Kembali Masuk Nominasi Pemenang IAA 2018 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Kota Padang kembali masuk nominasi pemenang Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2018, untuk kategori Kota Terbaik dalam Investasi dan Kota Potensial dalam Pariwisata.
  • Selasa, 19 Desember 2017 - 13:27:39 WIB

    22 Mobnas DPRD Padang Belum Dikembalikan, Pengamat: Itu Penyimpangan

    22 Mobnas DPRD Padang Belum Dikembalikan, Pengamat: Itu Penyimpangan PADANG, HARIANHALUAN.COM---Pengamat Hukum Tata Negara Unand Feri Amsari Senin (18/12) menilai, malasnya Anggota DPRD Kota Padang dalam mengembalikan mobil dinas (mobnas) berarti sebagai penyimpangan..
  • Jumat, 22 September 2017 - 10:21:44 WIB

    Senator Nofi Candra Kembali Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Solsel

    Senator Nofi Candra Kembali Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM—Bencana banjir bandang yang melanda nagari Pakan Rabaa Tengah kec. KPGD Solok Selatan, Kamis (14/9) lalu telah seminggu berlalu. Musibah yang menyebabkan lebih dari 1000 jiwa atau sebanyak 3.
  • Rabu, 30 Agustus 2017 - 09:52:28 WIB

    Hari Ini, 10 Bus Trans Padang Kembali Beroperasi

    Hari Ini, 10 Bus Trans Padang Kembali Beroperasi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Bus Trans Padang tambahan disepakati beroperasi lagi, Rabu (30/8) ini menyusul kesepakatan Dishub, DPRD Padang dan pengusaha angkutan di Kantor Dishub, Selasa (29/8) kemarin..
  • Sabtu, 20 Mei 2017 - 16:03:04 WIB

    Pemindahan Pedagang Inpres III Kembali Ditunda

    PADANG, HALUAN -- Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perdagangan memastikan pedagang akan menempati Pasar Inpres III pada minggu ketiga bulan Mei. Namun terpaksa kembali ditunda, sebab bangunan pasal ters.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM