Aroma Busuk Menyebar, Tumpukan Sampah Resahkan Warga


Kamis, 05 Juli 2018 - 13:29:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Aroma Busuk Menyebar, Tumpukan Sampah Resahkan Warga Sampah menumpuk dan meluber hingga ke badan jalan di kawasan Jalan Sutan Sjahrir, Rawang Bukit Putus, Rabu (4/7). Tampak seseorang baru membuang sampah. JEBRI CHANDRA

PADANG, HARIANHALUAN.COMTumpukan sampah memenuhi satu titik bahu Jalan Sutan Syarir, Rawang Bukit Putus, Padang Selatan. Tumpukan sampah bahkan meluber hingga ke badan jalan. Padahal di lokasi tersebut sudah dipasang palang peringatan membuang sampah. Namun, kebiasaan buruk warga tak kunjung berubah.

Pantauan Haluan, Rabu (4/7), beragam jenis sampah seperti, botol plastik, kantong kresek, karton bekas, dan bungkusan makanan menumpuk di titik bahu jalan tersebut. Menurut penuturan sebagian warga yang tinggal di sekitar lokasi itu, banyak orang yang datang membuang sampah di titik jalan tersebut menggunakan kendaraan pribadi.

Ibet (57), salah seorang warga setempat mengatakan, kebanyakan dari pelaku pembuang sampah datang pada pagi hari sebelum masuk jam kerja. Ibet sendiri merasa sangat dirugikan atas aktivitas tersebut karena tak jauh dari titik tempat pembuangan sampah ia membuka usaha menjual makanan sajian.

“Baunya menyegat, bahkan sampai ke kedai saya. Selain itu petugas kebersihan kadang terlambat datang untuk mengangkutnya. Dampaknya jelas merugikan bagi saya yang dagang makanan. Saya heran, padahal di sana sudah ada tanda larangan, tetapi warga tetap saja buang sampah di sana,” kata Ibet.

Ibet mengira, pelaku pembuang sampah sembarang bukan warga yang berasal dari sekitar lokasi tersebut, melainkan datang dari kawasan lain dan sudah terbiasa membuang sampah di lokasi itu. “Banyak yang datang itu dari arah Pampangan, Seberang Padang, dan Jondul. Saya kira bukan orang dekat-dekat sini,” katanya lagi.

Hal senada juga disampaikan warga lain, Eti (53). Bahkan ia mengaku pernah beberapa kali adu mulut dengan para pelaku pembuang sampah saat ia mencoba melarang membuang sampah di lokasi tersebut. “Saya teriaki, malah saya yang dibentak,” ujarnya.

Terkait persoalan ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Al Amin mengatakan, ia telah memerintahkan anggotanya di lapangan untuk mengangkut sampah tepat pada waktu yang ditentukan. Sehingga, tumpukan sampah tidak sampai mengganggu kenyamanan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi titik pembuangan sampah.

“Saya sudah minta petugas datang tepat waktu mengangkut sampah. Selain itu, warga juga tak bosan saya imbau untuk membuang sampah pada waktu yang ditentukan, yaitu pukul 06.00-07.00 WIB paling lama. Jangan setelah petugas datang untuk mengangkut sampah, datang lagi sampah baru,” ucapnya. (h/mg-jeb)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 21 September 2016 - 02:43:59 WIB
    ULAH PENGUNJUNG NAKAL

    Tugu Gempa Timbulkan Aroma Pesing

    Tugu Gempa Timbulkan Aroma Pesing PADANG, HALUAN — BP­BD Damkar kembali mel­a­ku­kan aksi bersih-bersih di mo­nu­men Tugu Gempa, di Jalan Gereja, Padang. Kali ini, se­bany­ak 35 personil mem­ber­sih­kan dan menyiram kawasan tersebut, setelah pada.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM