ASET TAMAN KHATIB DITAKSIR RATUSAN JUTA

Sebagian Telah Dibongkar, Pendataan Baru Dimulai


Kamis, 05 Juli 2018 - 21:13:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sebagian Telah Dibongkar, Pendataan Baru Dimulai Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM–Pemko Padang sejak akhir Juni 2018 sudah memulai proyek pelebaran jalan Khatib Sulaiman dari empat lajur menjadi enam lajur. Taman-taman di median jalan perlahan dibongkar, tetapi aset pertamanan berupa bunga dan rerumputan hias belum jelas akan dikemanakan. Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mengaku tengah melakukan penghitungan atas aset-aset tersebut.

Sejumlah pihak mendukung pelebaran jalan tersebut, termasuk DPRD Padang. Pelebaran disebut akan dapat menampung volume kendaraan yang kian padat. Hanya saja, dari pengamatan Haluan, tak banyak pihak yang peduli pada nasib aset pertamanan yang dibongkar oleh pelaksana proyek.

Setelah sebelumnya sempat saling lempar, Kepala DLH Kota Padang, Al Amin, mengaku tengah melengkapi jumlah aset pertamanan yang terpapar proyek pelebaran jalan tersebut. Untuk sementara, pihaknya belum dapat menyampaikan data akurat secara jumlah dan rupiah

"Kami lengkapi datanya dulu karena data tersebut tidak bisa sementara saja. Nanti jika sudah ada dikabari," kata Al Amin singkat.

Sebelum mengkonfirmasi kepada Pemko Padang terkait persoalan ini, tim Haluan mencoba membandingkan nilai tanaman di atas median jalan itu dengan sumber perkiraan dari pengusaha bunga yang membuka galeri di Jalan Khatib Sulaiman.

“Tanaman dan rumput di median jalan yang akan dibongkar ini punya nilai. Saya mau membelinya kalau dijual,” kata Yun, pengelola Iyun Flower kepada Haluan, Senin (2/7).

Saat diminta Haluan untuk menaksir harga tanaman dan rumput, Iyun menyebut harga rumput bisa mencapai Rp25.000 per meter per segi.  Jika panjang median jalan dari ujung Masjid Raya hingga depan DPRD Sumbar mencapai 2.600 meter dengan lebar 3 meter maka luas median jalan mencapai 7.800 meter per segi.

Kemudian, jika luas rumput yang terbentang di median jalan diperkirakan setengah dari luas median jalan. Artinya, terdapat setidak 3.900 meter persegi rumput yang harusnya bisa dipertahankan, yang jika dikalikan dengan harga Rp25 ribu per meter, maka aset rumput yang akan dibongkar bernilai Rp97.500.000.

Kemudian, Haluan juga mencoba mengalkulasikan jumlah pohon hias pada median jalan utama di Padang itu. Ada dua jenis pohon hias yang paling mencolok, jenis palem dan pucuk merah. Setelah dihitung dari ujung ke ujung, jumlahnya mencapai 223 batang. Menurut Yun, sebagai pedagang, ia akan menjual pohon hias yang sudah tertata cantik itu dengan nilai Rp250 ribu hingga Rp300 ribu.

Nilai ini, jika dikalkulasikan lagi, maka kita akan mendapati angka yang fantastis. Sebanyak 223 batang pohon hias, minimal dikalikan dengan Rp250 ribu per batang. Hasilnya, mencapai Rp55.750.000.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 September 2017 - 01:22:49 WIB

    Gempa Susulan Mengguncang, Sebagian Warga Masih Mengungsi

    Gempa Susulan Mengguncang, Sebagian Warga Masih Mengungsi PADANG, HALUAN -- Gempa dahsyat yang mengguncang Padang pada Jumat (1/9) dinihari pukul 00.06 WIB, juga diikuti oleh gempa susulan. Kekuatan gempat tersebut lebih rendah dari gempa awal, yakni 3,9 SR dan terjadi sekitar 1 jam.
  • Rabu, 07 Juni 2017 - 11:54:43 WIB

    Sebagian Besar Pengabdi Sosial Kaum Wanita

    PADANG,HALUAN -- Sebagian besar dari pengabdi sosial di Sumbar, ternyata adalah kaum wanita. Hal ini terungkap saat buka bersama seluruh 'pengabdi' sosial lembaga binaan istri Gubernur Sumatra Barat akhir pekan di Gubernuran.
  • Selasa, 09 Mei 2017 - 08:29:28 WIB

    Sebagian Besar Penerima Rastra Belum Nikmati E-Voucer

    Sebagian Besar Penerima Rastra Belum Nikmati E-Voucer PADANG, HALUAN – Sebanyak 71 dari 89 Kepala Keluarga (KK) yang berhak di Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, belum menerima E-voucer dari Fasilitator Depkes Kota Padang. Penerima kartu E-Voucer adalah saringan.
  • Kamis, 06 April 2017 - 09:56:56 WIB

    Sebagian Warga Miskin Dibantu Pemerintah

    PADANG, HALUAN—Penduduk miskin di Kota Padang, tahun 2017 tercatat sebanyak 43 ribu jiwa. Dari keseluruhan jumlah tersebut, yang mendapat bantuan hanya sekitar 27.427 orang dari pemerintah..
  • Selasa, 13 September 2016 - 11:39:38 WIB

    Mengikuti Buya, Sebagian Warga Padang Salat Iduladha Hari Ini

    Mengikuti Buya, Sebagian Warga Padang Salat Iduladha Hari Ini PADANG, HALUAN--Sebagian warga Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang melaksanakan sholat Idul Adha pada hari ini Selasa (13/9)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM