KOTA BUKITTINGGI PANEN PENGHARGAAN TINGKAT  NASIONAL

Ketua  TP-PKK Raih Pakarti Madya, Walikota  Dianugerahi Manggala Karya Kencana 


Senin, 09 Juli 2018 - 12:49:15 WIB
Ketua  TP-PKK Raih Pakarti Madya, Walikota  Dianugerahi Manggala Karya Kencana  Wali Kota Ramlan Nurmatias dan KetuaTP-PKK Yesi Ramlan Nurmatias, terima Penghargaan Manggala Karya Kencana dan Pakarti Madya I tingkat Nasional. IST


BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM- Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias kembali  menerima penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat. Kali ini Wako menerima penghargaan Manggala Karya Kencana 2018. Tak hanya Wako, Ketua Tim Penggerak (TP)-PKK Bukittinggi Yesi Ramlan Nurmatias juga diganjar penghargaan tingkat Nasional.

Dua penghargaan yang diterima ini diserahkan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ( Harganas) ke- XXV tahun 2018,  yang dipusatkan di Manado Sulawesi Utara. Penghargaan disematkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani,  didampingi  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Plt Kepala BKKBN Sigit Priohutomo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, di kediaman Gubernur Sulawesi Utara, Bumi Beringin Manado, Jumat (6/7).

Penghargaan Manggala Karya Kencana yang diterima Wali Kota dan Ketua TP PKK Bukittinggi ini, berdasarkan keputusan Kepala BKKBN Nomor 57/KEP/02/2018. Ramlan dan Ketua TP-PKK Bukittinggi dinilai berhasil mendorong pembangunan bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, untuk mewujudkan keluarga kecil sejahtera bahagia. Penghargaan itu merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat kepada gubernur, wako/bupati dan ketua TP PKK di bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. 

Wako Ramlan Nurmatias usai menerima penghargaan, memberikan apresiasi kepada instansi terkait, masyarakat, dan stakeholder yang telah mendukung program tersebut, sehingga Bukittinggi dianugerahinya penghargaan Manggala Karya Kencana tahun 2018. “Penghargaan yang  diterima adalah hasil kerja keras kita semua, bersama masyarakat Bukittinggi, khususnya dibidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Penghargaan ini adalah milik warga Bukittinggi. Semoga penghargaan ini bisa  menjadi motivasi untuk membuat kita  menjadi lebih baik lagi,”  ujar Ramlan.

Berhasilnya Bukittinggi menerima penghargaan ini kata Ramlan, berdasarkan penilaian dari pusat yang menyatakan  bahwa Bukittinggi telah berhasil memberikan pelayanan KB serta mampu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. “Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Bukittinggi, kita dinilai berhasil dalam meningkatkan partisipasi keluarga dalam kelompok kegiatan seperti Bina Usaha Balita, Bina Usaha Remaja, Bina Usaha Lansia dan Kelompk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (KUPPKS),  serta membangun Kampung KB di Kota Bukittinggi,” tutur Ramlan.

Sementara itu Kepala Dinas P3APPKB Tati Yasmarni yang turut mendampingi Walikota ke Manado mengatakan, keberhasilan lainnya yang telah diperoleh Bukittingi dalam program ini  adalah, Bukittinggi terbaik dalam pembinaan PIKR/M di Sumbar, Walikota dan Ketua TP-PKK juga telah dianugerahi predikat sebagai Ayah dan Bunda GenRe Sumbar. “Untuk menjaga ketahanan keluarga, Ketua TP PKK Yesi Ramlan melalui ide dan  gagasannya merangkul SKPD terkait  dengan membentuk program sekolah keluarga,  yang saat ini telah menjadi model dari banyak daerah lain di Indonesia,” ujar Tati.

Dalam rangkaian Hargana ke-XXV itu, selain menerima anugerah Manggala Karya Kencana, berdasarkan keputusan Ketua Umum TP PKK Nomor : 16/KEP/PKK-Pst/VI/2018, Ketua TP- PKK Yesi Ramlan Nurmatias juga menerima penghargaan Pakarti Madya I Tingkat Nasional sebagai pelaksana terbaik program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan kategori kota tahun 2018,  melalui Kelurahan Belakang Balok Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB).

Menurut Yesi Ramlan Nurmatias,  diraihnya penghargaan  Pakarti Madya I tingkat nasional dibidang KKBPK Kesehatan ini,  karena Bukittinggi  telah dinilai dari beberapa aspek peningkatan kuantitas dan kualitas penduduk, di bidang pemberdayaan keluarga, KB dan Kesehatan yang bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, Institusi KB-Kesehatan di Kelurahan dengan kader-kader khususnya kader Dasawisma sebagai ujung tombak PKK,  serta keluarga sebagai fokus sasaran utamanya. “Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua warga dengan semangat yang luar biasa, khususnya Kelurahan Belakang Balok serta instansi terkait.  Mudah – mudahan prestasi ini tidak berhenti sampai disini saja,  tetapi dapat terus ditingkatkan dan akan menjadi momentum bagi kelurahan – kelurahan lain untuk berprestasi di tingkat Nasional,” ungkap Yesi. (h/*)



 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM