BMKG: Waspadai Perubahan Cuaca di Sumbar


Selasa, 10 Juli 2018 - 13:52:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BMKG: Waspadai Perubahan Cuaca di Sumbar Ilustrasi cuaca.NET
 
PADANG, HARIANHALUAN.COM-Perkiraan cuaca untuk wilayah Sumatra Barat dan sekitarnya, tiga hari ke depan yaitu berawan dan hujan ringan disertai angin kencang. Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau, masyarakat  mewaspadai  perubahan cuaca untuk wilayah sekitar Sumbar.
 
Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang, Yudha Nugraha mengatakan, tiga hari ke depan cuaca cenderung berawan hingga cerah berawan untuk sebagian besar sumatera Barat, namun perlu diwaspadai terdapat potensi hujan lebat, angin kencang dan juga diiringi petir di wilayah Pasaman Barat, Pariaman, Padang, Agam, Pesisir Selatan pada siang hingga sore harinya."Hal ini diakibatkan karena proses suplai uap air dari samudera Hindia mulai terkumpul kembali untuk saat ini," tuturnya, Selasa (10/7).
 
Ia menambahkan, dari suplai uap air  sehingga suhu permukaan air laut samudera Hindia cukup tinggi, sekitar 1 hingga 3 derajat celcius lebih tinggi dari suhu normalnya, dimana semakin tinggi akan semakin meningkatkan proses penguapan air laut, semakin banyak uap air yangg terkumpul akan dibawa oleh angin menuju daratan. "Uap air ini sebagian besar sudah terbentuk sebagai hujan lebat beberapa hari kemarin, maka diperlukan proses pengumpulan uap air kembali, sehingga berdasarkan analisa kami, dalam tiga hari ke depan terdapat potensi hujan sedang - lebat di Pesisir Barat Sumbar," tuturnya.
 
Yudha katakan, masalah cuaca ini, tidak ada imbauan khusus dari BMKG. Namun masyarakat diminta tidak memaksakan diri apabila terdapat potensi cuaca buruk, serta selalu mengikuti arahan dari petugas yang berwenang.
 
BMKG selalu memberikan peringatan dini cuaca kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar. "Selanjutnya BPBD yang akan meneruskan informasi ke masyarakat, selain itu masyarakat juga dapat mengikuti perkembangan cuaca melalui media," ucap Yudha.
(h/mg-pmi).



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM