Semarak dan Meriah, MTQ ke-38 Agam Dihelat  di Kecamatan Matur  


Selasa, 10 Juli 2018 - 19:21:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Semarak dan Meriah, MTQ ke-38  Agam Dihelat  di Kecamatan Matur   Bupati menabuh beduk menandai pembukaan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Agam ke-38 tahun 2018 di Matur. IST


AGAM,HARIANHALUAN.COM-Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Agam ke-38 tahun 2018, resmi dibuka  Bupati Agam Indra Catri,Selasa (10/9).
 
Pembukaan dilaksanaankan semarak dan meriah di lapangan Hijau Matur.Kecamatan Matur menjadi tuan rumah MTQ yang berlangsung 10 sampai 14 Juli 2018.  Tampak hadir Wabup Trinda Farhan Satria,  Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Aristo Munandar dan para undangan lainnya.
Bupati mengatakan, kegiatan MTQ merupakan salah satu bentuk implementasi dari gerakan Nagari Madani, yang didorong secara berjenjang mulai tingkat nagari hingga kabupaten.
"Besarnya animo dan kemampuan generasi muda yang Qur’ani menunjukkan bahwa tidak lama lagi Kabupaten Agam akan melahirkan para calon ulama-ulama besar sekaliber Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Syekh Sulaiman dan Buya Hamka," ujarnya.
Bupati  menyatakan, salah satu hasil dari penyelenggaraan MTQ ini dalam waktu kurun tiga hari, sudah terseleksi 1.000 orang hafiz dan hafizah khusus 2 juz untuk menjadi duta al-qur’an Sumatera Barat utusan Kabupaten Agam.

Bupati juga mengapresiasi  besarnya partisipasi masyarakat kecamatan Matur sebagai tuan rumah MTQ dan kerja keras semua panitia dalam menyiapkan alek gadang ini.
Sementara  Camat Matur, Tomy TRD mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir dan memeriahkan kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Agam. “Kami mengapresiasi antusiasnya masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dalam menghadiri dan menyaksikan MTQ tingkat kabupaten,” kata Tomy.

Dikatakan, jumlah kafilah dan official lomba MTQ Agam ini sebanyak 935 orang yang berasal  dari 16 kecamatan se-Agam.

Pembukaan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Agam  ke-38  ini  berlangsung semarak. Apa lagi dimeriahkan  oleh  Marchingband  GAP (Gita Abdi Praja) IPDN Kampus Sumbar yang menampilkan berbagai atraksi menghibur dan memukau. Membuat khalayak berdecak kagum.
 

Demikian pula halnya  dengan atraksi Tambua Tansa  Sanggar Seni  Bungo Tanjuang dari  Nagari Matua Mudiak  yang tampil mengagumkan.  Ada pula  seorang anak kecil anggota sanggar ini memainkannya dengan piawai. Bupati Indra Catri bahkan tak sungkan  mengapresasinya dengan menggendong anak kecil nan piawai  ini.  (h/dn/ks)


 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Agustus 2018 - 19:36:42 WIB

    Diresmikan Bupati Sutan Riska, Panen Ikan Lubuk Larangan Semarak dan Meriah

    Diresmikan Bupati Sutan Riska, Panen Ikan Lubuk Larangan Semarak dan Meriah DHARMASRAYA, HARIANHALUAN - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri sekaligus membuka kegiatan Panen Ikan di Lubuk Larangan  di Kampung Surau, Nagari Gunung Selasih ..
  • Jumat, 20 Oktober 2017 - 00:38:53 WIB

    Ribuan Petani Semarakan Hari Pangan dengan Pawai Alegoris

    Ribuan Petani Semarakan Hari Pangan dengan Pawai Alegoris AGAM, HALUAN - Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia, ribuan petani yang terdiri dari beragam kelompok di Kecamatan Tanjung Raya, ikut serta dalam kegiatan pawai alegoris yang diselengarakan oleh pemerintah Kecamatan.
  • Selasa, 16 Agustus 2016 - 14:26:01 WIB

    Semarakkan HUT RI ke-71, Kodim 0319/Mentawai Gelar Berbagai Perlombaan

    Semarakkan HUT RI ke-71, Kodim 0319/Mentawai Gelar Berbagai Perlombaan MENTAWAI, HALUAN -- Menyemarakkan HUT RI ke-71, Kodim 0319/Mentawai menggelar berbagai perlombaan, Selasa (16/8). Kegiatan tersebut melibatkan seluruh personil dari berbagai SKPD di lingkungan Pemkab Mentawai..
  • Sabtu, 23 Juli 2016 - 01:43:09 WIB
    STAGE 4 DAN STAGE 5 DI PARIAMAN

    Ribuan Siswa Semarakkan TdS 2016

    Ribuan Siswa Semarakkan TdS 2016 PARIAMAN, HALUAN — Ribuan siswa SD hingga SLTA di Kota Pariaman, akan dikerahkan untuk menyemarakkan Tour de Sing­karak (TdS). Pariaman mendapat kehormatan 2 stage helat TdS, masing-masing Stage 4 pada 9 Agustus, Pariaman .
  • Selasa, 01 Desember 2015 - 19:53:33 WIB

    45 Tahun Payakumbuh Lebih Semarak

    DIWARNAI SEJUMLAH KEGIATAN

    PAYAKUMBUH, HALUAN— Memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT) Kota Payakumbuh ke-45 tahun ini,  akan dimeriahkan lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM